Beranda Pemerintah Sekda Aceh Dorong Keuchik Percepat Pengesahan APBG 2021

Sekda Aceh Dorong Keuchik Percepat Pengesahan APBG 2021

63
0
BERBAGI

Banda Aceh – Para kepala desa atau Keuchik di seluruh Aceh diminta segera menyelesaikan penyusunan dan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong tahun 2021 agar dana desa bisa segera dicairkan dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah saat memimpin rapat virtual Evaluasi Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2020 dan Percepatan APBG Tahun 2021, di Ruang Rapat Sekda, Kamis (17/12/2020).

Rapat tersebut diikuti secara daring oleh seluruh Camat, Keuchik, Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa se-Aceh. Pada kesempatan itu Sekda Aceh juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Azhari, serta Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh Syafriadi.

Sekda mengatakan, dana desa sangat berkontribusi dalam kesuksesan pemberdayaan dan pembangunan Gampong. Karena itu Sekda meminta dana tersebut dipergunakan sebaik-baiknya dengan menyasar masyarakat miskin dan pengangguran.

“Saya harap APBDes atau APBG semua akan mencapai 100 persen dalam minggu ini agar dana desa bisa segera dicairkan,” ujar Sekda yang mengaku optimis bahwa seluruh desa di Aceh akan mempu mencairkan dana tersebut.

Sekda pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada para Keuchik yang telah berhasil menyelesaikan penyusunan APBDes sehingga dana desa bisa cair lebih awal.

Selain itu, Sekda juga mengapresiasi desa-desa yang mampu membangun dan sukses mengembangkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Sekda berharap kesuksesan BUMG harus terus dipertahankan demi kemajuan perekonomian masyarakat gampong.

Terakhir, Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Camat dan Keuchik yang telah membantu menyukseskan sejumlah program pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Di antaranya Gerakan Masker Aceh (GEMA), Gerakan Tenaga Kesehatan Cegah Covid (GENCAR), dan yang baru saja berlangsung pada 2 Desember kemarin adalah Gerakan Masker Sekolah (GEMAS). [R]

 

BERBAGI