Beranda Headline DPRK Harap Lokasi Wisata di Banda Aceh Harus Bersih dan Aman

DPRK Harap Lokasi Wisata di Banda Aceh Harus Bersih dan Aman

Anggota DPRK Banda Aceh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Irwansyah ST. Foto: Humas/DPRK Banda Aceh.

Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh berharap lokasi wisata yang ada di ibukota Provinsi Aceh ini harus bersih, aman, dan nyaman. Hal ini dilakukan guna membuat pelancong betah belama-lama di Banda Aceh.

Anggota DPRK Banda Aceh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Irwansyah ST, menyampaikan bahwa sektor pariwisata juga bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) jika dikelola dengan baik.

“Infrakstur di daerah-daerah wisata itu harus di pebaiki kebersihannya. Misalnya toilet dan sebagainya. Di mana pun menjadi tempat kunjungan wisata itu pastikan dalam kondisi bersih dan nyaman,” ucap Irwansyah, Senin (5/2/2024).

Irwansyah mengatakan, ketika lokasi wisata itu bersih dan nyaman maka akan meningkatkan jumlah kunjungan ke Banda Aceh baik itu wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik.

“Ketika mereka mengunjungi stus-situs wisata yang ada di Banda Aceh kemudian itu bisa disampaikan di promisi ke luar bahwa Banda Aceh adalah kota yang nyaman dan ramah lingkungan,” katanya.

Ia menuturkan, selain lokasi-lokasi wisata, akomodasi juga sangat berperan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Banda Aceh. Akomodasi itu meliputi hotel, transportasi dan lain-lain.

Ia menyebut, untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancenegara maupun domestik ke Banda Aceh bukan hanya tugas Dinas Pariwisata semata. Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga berperan penting terkait perbaikan infrastruktur.

“Misalnya, infrasruktur jalan jangan sampai menjadi cacat di mata wisatawan ketika jalan-jalan utama pun kondisinya buruk. Ini harus diantisipasi baik pemerintah kota maupun pemerintah provinsi juga yang banyak memiliki jalan-jalan di kota milik mereka,” pungkasnya. (*)