Beranda Aceh Capaian Riset USK Meningkat

Capaian Riset USK Meningkat

119
0
BERBAGI

Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala (USK) menorehkan pencapaian yang membanggakan dalam bidang penelitian. Hal ini terungkap dalam Workshop Strategi Pemenangan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sumber Dana Kemdikbudristek. Kegiatan ini dilaksanakan di ACC Dayan Dawood, Banda Aceh, Selasa 11 Januari 2022, menghadirkan Prof. Dr. Saryono dan Prof. Dr. Wisnu Nurcahyo sebagai nara sumber.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK, Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech menyampaikan bahwa pada tahun 2021 lalu, USK berada di peringkat ketiga secara nasional untuk klaster mandiri non PTN-BH dalam perolehan dana penelitian sumber dana BOPTN. Merujuk data beberapa tahun terakhir, animo dan semangat dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat cukup tinggi.

“Tahun 2020, ada 631 proposal yang masuk, dan didanai sebanyak 364 judul. Kurang lebih accepted rate-nya 57.59%. Kemudian, pada tahun 2021, ada 738 proposal diajukan oleh para dosen dan kita danai sebanyak 443 judul (60.02%). Tahun ini, ada 855 proposal diajukan, terus meningkat jumlahnya dan masih dalam proses review. Semoga akan banyak juga yang didanai,” ungkap Prof Taufik.

Kegiatan workshop seperti ini sengaja terus dilakukan untuk meningkatan jumlah proposal yang akan didanai dari Kemdikbudristek. Kita mengundang para pakar yang terlibat langsung dalam menyusun panduan yang dipakai tahun ini.

“Kami yakin workshop seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri para dosen untuk mengajukan proposal karena keraguan dan ketidakjelasan dapat didiskusikan dan ditanyakan langsung kepada nara sumber yang sangat kompeten” jelas Prof Taufik.

Sementara itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng., memberikan apresiasi kepada LPPM dan segenap civitas akademika USK yang telah menorehkan pencapaian penting dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya kedua bidang ini merupakan bagian penting dalam tridharma perguruan tinggi.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian ini. Hal ini menunjukkan keseriusan USK dalam melakukan penelitian, mengembangkan ilmu pengetahuan, yang kemudian diaktualisasikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menjawab persoalan ditengah-tengah ummat,” kata Prof Samsul Rizal.

Rektor mengungkapkan, pada tahun 2020, USK mempunyai 1.043 artikel ilmiah internasional yang terindeks global. Padahal target awalnya di tahun tersebut hanya 750. Pada tahun 2021 lalu, USK menargetkan memiliki 1.000 artikel ilmiah terindeks global. Alhamdulillah, USK mencatat 1.074 artikel terindeks global.

“Ini sangat membanggakan. Apalagi jumlah sitasi per artikel USK juga sangat baik, berada pada posisi ke-4 secara nasional,” ujar Prof Samsul.

Lebih jauh, ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada dosen USK yang fokus dan semangat melaksanakan penelitian. Rektor USK menyebutkan, ada beberapa nama yang sudah dicatat menjadi penyumbang artikel terbanyak. Ia berharap, hal positif tersebut bukan hanya dipertahankan, tetapi juga ditingkatkan.

“Ada beberapa nama yang menyumbang paper terbanyak, salah satunya adalah WR IV saya Prof Hizir. Jadi tidak ada alasan bagi dosen USK tidak melaksanakan penelitian dengan alasan sibuk,” tutur Prof Samsul Rizal. (R)

BERBAGI