Beranda Hukum Jasa Raharja, Polres Aceh Barat, dan Mahasiswa Teuku Umar Gelar Sosialisasi Keselamatan...

Jasa Raharja, Polres Aceh Barat, dan Mahasiswa Teuku Umar Gelar Sosialisasi Keselamatan di SMK N 2 Meulaboh

Kepala Jasa Raharja Meulaboh sedang Lakukan sosialisasi Keselamatan Berlalu lintas.

Meulaboh – Aula SMK Negeri 2 Meulaboh menjadi saksi berlangsungnya sosialisasi keselamatan berlalu lintas yang digelar oleh PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh bekerja sama dengan Satlantas Polres Aceh Barat dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Teuku Umar. Acara ini, yang mengusung tema “Pelajar Sebagai Pionir Keselamatan Dalam Meningkatkan Budaya Tertib Berlalu Lintas”, bertujuan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan siswa dalam berlalu lintas.

Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Teuku Umar, Hafid Maulana, dalam sambutannya menekankan pentingnya edukasi ini bagi siswa SMK Negeri 2 Meulaboh untuk mematuhi aturan lalu lintas. “Edukasi seperti ini sangat penting untuk menanamkan kesadaran tertib berlalu lintas sejak dini,” ujarnya.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh, Rd Saeful Kamal Apandi, turut memberikan apresiasi dan berterima kasih atas terselenggaranya acara ini. Ia menyoroti pentingnya pemahaman siswa tentang peran dan fungsi Jasa Raharja berdasarkan UU No. 33 dan 34 tahun 1964, yang menjamin perlindungan dasar bagi penumpang dan pengguna jalan. “Melalui sosialisasi ini, kami berharap siswa memahami betapa pentingnya peran Jasa Raharja dalam memberikan perlindungan dan jaminan bagi korban kecelakaan,” kata Saeful Kamal.

Sosialisasi tersebut meliputi penjelasan mengenai perlindungan dasar yang diberikan oleh Jasa Raharja bagi setiap orang yang melakukan perjalanan dengan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan. Perlindungan tersebut mencakup biaya perawatan di rumah sakit, santunan cacat tetap, dan santunan meninggal dunia. Ini menunjukkan kehadiran negara dalam memberikan kepastian jaminan bagi korban kecelakaan melalui Jasa Raharja.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Aceh Barat, Aibda M. Harist Nur, menekankan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. “Kami berharap para siswa dapat menjadi pelopor dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas sehingga dapat mencegah kecelakaan,” tegasnya.

Kepala SMK Negeri 2 Meulaboh, Tarmidhi, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa informasi mengenai peran dan fungsi Jasa Raharja sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pelajar. “Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan angka kecelakaan dapat ditekan dan kesadaran tertib berlalu lintas di kalangan pelajar semakin meningkat,” ujar Tarmidhi. Ia juga mengajak siswa yang hadir untuk menjadi pelopor keselamatan dan mengajak teman serta keluarga agar selalu tertib berlalu lintas.

Acara ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya kepada Jasa Raharja dan pihak kepolisian, guna meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan. Semoga sosialisasi ini dapat meningkatkan kepedulian bersama dalam mencegah kecelakaan dan meningkatkan pelayanan kepada korban kecelakaan