Beranda Headline Sambut Ramadhan, Kemenag Aceh Besar Gelar Pawai dan Tabligh Akbar

Sambut Ramadhan, Kemenag Aceh Besar Gelar Pawai dan Tabligh Akbar

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 hijriah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar menggelar tabligh akbar dan pawai tarhib Ramadhan, Kamis, 7 Maret 2024.(Foto/Kemenag Aceh Besar).

Kota Jantho : Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 hijriah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar menggelar tabligh akbar dan pawai tarhib Ramadhan, Kamis, 7 Maret 2024.

Kegiatan di awali dengan kajian tarhib Ramadhan dengan narasumber DR Tgk Tarmizi M Daud MAg di lanjutkan dengan tabligh akbar yang di sampaikan Tgk Umar Ismail SAg. Kegiatan tabligh akbar dipusatkan di Masjid Babussalam Lamteungoh, Kecamatan Ingin Jaya.

Setelah shalat asar berjamaah di lanjutkan dengan kegiatan pawai tarhib ramadhan yang di lepas oleh Kakankemenag Aceh Besar H Saifuddin di pelataran masjid Babussalam Lamteungoh dengan menempuh rute lintasan jalan medan menuju bundaran Lambaro dan kembali ke Masjid Lamteungoh.

Kegiatan pawai yang di saksikan ribuan masyarakat di ikuti oleh ratusan Penyuluh Agama, Kepala KUA dan staf, guru madrasah dan ASN Kankemenag

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H Saifuddin mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum bagi ASN Kemenag terutama penyuluh untuk terus menebarkan informasi positif mengenai datangnya bulan suci Ramadhan termasuk menyampaikan tentang keutamaan yang ada dalam bulan suci Ramadhan.

“Saya meminta seluruh penyuluh bekerja maksimal dalam upaya memberikan pencerahan dalam masyarakat karena ada 4 tugas seorang penyuluh yaitu tugas informatif, tugas konsultatif, tugas edukatif dan tugas advokasi. Oleh sebab itu acara ini momentum baik bagi penyuluh menyampaikan kepada masyarakat bahwa Ramadhan akan tiba mari kita sambut dengan suka cita,” katanya.

Saifuddin mengatakan, kegiatan positif ini harus dilaksanakan pada tahun berikutnya. “Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan jajaran Bimas Islam terutama para penyuluh yang tergabung dalam IPARI dan Kelompok Kerja Penyuluh. Meskipun tanpa ditopang anggaran dari DIPA namun dapat melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi syiar menyambut Ramadhan, ungkapnya.

Kepala seksi Bimas Islam Kemenag Aceh Besar H Akhyar menjelaskan, kegiatan targhib dan pawai menyambut Ramadan akan menjadi kalender rutin Kemenag Aceh Besar, bahkan untuk tahun depan akan melibatkan siswa madrasah dan santri.
Kegiatan syiar ramadhan akan terus ditingkatkan agar lebih meriah dan bermanfaat bagi umat,” katanya.

Turut hadir mengikuti kegiatan pawai tarhib Ramadhan tersebut Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana SAg MSi, Kasi Pendidikan madrasah Suryadi SAg, Kasi Penyelenggara haji, umrah Az Zahri SH MH dan kepala KUA se Aceh Besar.(*)