Beranda Headline Pemko Banda Aceh Gratiskan Air Bersih untuk Masjid Selama Ramadhan

Pemko Banda Aceh Gratiskan Air Bersih untuk Masjid Selama Ramadhan

Penjabat (Pj) Wali Kota Amiruddin

*Mobil Tangki Disiagakan

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Daroy akan menggratiskan pengunaan air bersih untuk masjid selama bulan puasa Ramadan 1445 Hijriah.

Hal tersebut tertuang dalam surat Wali Kota Banda Aceh kepada Dirut Perumdan Tirta Daroy tanggal 7 Maret 2024. Dalam surat itu, Pj Wali Kota Amiruddin meminta kepada Tirta Daroy untuk dapat membebaskan biaya rekening air pada bulan puasa untuk semua masjid, kecuali yang operasionalnya dibiayai melalui APBD.

Permintaan ini disampaikan pj wali kota dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Kebijakan ini untuk mendukung agar masyarakat dapat beribadah dengan khusyuk selama bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,” ujar Amiruddin di balai kota, Kamis, 7 Maret 2024.

Selain itu, sepeti tahun-tahun sebelumnya, ia juga telah menginstruksikan Perumdam Tirta Daroy untuk menyiagakan mobil tangki air guna mem-backup kebutuhan air di rumah ibadah. “Karena selama bulan puasa kebutuhan air bersih tentu akan lebih banyak dari biasamya.”

“Armada mobil tangki Tirta Daroy akan kita standby-kan untuk mendistribusikan air secara gratis ke masjid-masjid. Kebijakan ini kita ambil untuk mengantisipasi jika nanti ada masjid atau musalla yang kekurangan air bersih,” ujarnya.

Pj wali kota pun menginstruksikan Tirta Daroy untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat selama bulan puasa. “Mulai dari sumber air baku, unit pengolahan air, hingga jaringan pipa. Mohon diperhatikan dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan optimal kepada warga,” ujarnya lagi.

“Insyaallah dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Perumdam Tirta Daroy dapat meningkatkan kualitas pelayanannya selama bulan Ramadan tahun ini kepada masyarakat.” demikian Amirudfin.(*)