Beranda Headline Aslam Nur Dilantik Sebagai Rektor Unmuha

Aslam Nur Dilantik Sebagai Rektor Unmuha

Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr. Muhammad Syamsuddin dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh A. Malik Musa. SH. M.Hum menandatangani berita acara saat melantik Dr. Aslam Nur, MA sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) masa jabatan 2024-2028 di UCC Ahmad Dahlan Unmuha, Selasa 30 Januari 2023.(Foto/Humas Unmuha).

Banda Aceh – Dr. Aslam Nur, MA resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) masa jabatan 2024-2028 oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pelantikan berlangsung di UCC Ahmad Dahlan Unmuha, Selasa 30 Januari 2023.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Keputusan Pemberhentian Rektor Unmuha masa jabatan 2020 – 2024 dan Keputusan Pengangkatan Rektor Unmuha masa jabatan 2024-2028 oleh Kepala Biro Administrasi Umum Unmuha, Dr. Nuzulman, M.Si.

Pelantikan serta pengambilan sumpah Jabatan Rektor Unmuha masa jabatan 2024-2028 oleh Wakil Sekretaris Majelis DIktilitbang PP Muhammadiyah Dr. Muhammad Syamsuddin, M.Pd yang disaksikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh A. Malik Musa. SH. M.Hum.

Dalam sambutannya, Dr. Aslam Nur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika, Dekan di Lingkungan Unmuha yang sudah membersama-sama selama periode 4 tahun yang lalu dan memajukan Unmuha.

Dr. Aslam Nur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PP Muhammadiyah, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh yang sudah membina Unmuha selama ini.

Ucapan terima kasih kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, organisasi otonom tingkat wilayah seperti ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Tapak Suci dan organisasi kemasiswaan dilingkungan Unmuha yang sudah membersamai kami dan memberikan dukungan dalam memajukan Unmuha.

“Alhamdulillah, hasil dari kerjasama dan kekompakan kita ini menjadikan Unmuha selama 2 periode meraih penghargaan sebagai Universitas terbaik 1 di Aceh dua Periode berturut-turut dan sempat turun menjadi terbaik 3 di periode ketiga, insyaallah kita bersama-sama dan menjaga kekompakan ini kita kembali meraih universitas terbaik 1 dan mempertahankannya,” kata Aslam Nur.

Rektor mengajak seluruh komponen yang sudah mendukung Unmuha pada periode yang lalu untuk kembali sama-sama untuk memajukan Universitas Muhammadiyah Aceh. Insyaallah dengan tekad kita bersama insya Allah bersama dapat meraih tujuan itu.

Kepala LLDikti Wilayah 13 Aceh yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum Syafi’i. SE. M.Si. Ak. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Aslam Nur yang kembali dilantik sebagai Rektor Unmuha masa jabatan 2024-2028.

“Kami atas atas nama LLDikti Wilayah 13 Aceh mengucapkan selamat atas dilantiknya kembali Dr. Aslam Nur sebagai Rektor Unmuha pada periode yang kedua, semoga selalu diberikan kesuksesan dalam memimpin Unmuha dan mampu untuk menjalankan amanah dalam periode 4 tahun kedepan,” ucapnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh A. Malik Musa. SH. M.Hum dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas kembali terpilihnya Dr. Aslam Nur sebagai Rektor Unmuha masa jabatan 2024-2028, kami atas nama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh mengajak seluruh komponen yang ada untuk bahu membahu memajukan Muhammadiyah Aceh dan Universitas Muhammadiyah Aceh.

“Ada komitmen bersama antara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh dengan Rektor yang mana salah satunya adalah menghadirkan Fakultas Kedokteran di Unmuha, Rektor harus mampu untuk melahirkan kader-kader IMM di Unmuha di seluruh fakultas, dan masih ada beberapa komitmen untuk membangun Universitas Muhammadiyah Aceh,” ujar Malik Musa.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Dr. Muhammad Syamsuddin dalam sambutannya menyampaikan semua aktivitas yang ada di Unmuha ini menjadi vital dalam pengembangan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Yang terpenting adalah semua amal usaha Muhammadiyah harus mampu mencapai tujuan Persyarikatan Muhammadiyah yaitu menegakkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya,” pungkasnya.

Hadir dalam pelantikan rektor para Wakil Rektor Unmuha, sivitas Akademika Unmuha, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Aceh beserta ortom, Perwakilan Polsek Lueng Bata Banda Aceh, Pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta serta stakeholder yang selama ini sudah membersamai Unmuha dan tamu undangan lainnya. (*)