Beranda Ekonomi Dosen Unsam Latih Warga Cara Buat Alat Biogas dan Pengering Terasi

Dosen Unsam Latih Warga Cara Buat Alat Biogas dan Pengering Terasi

Tim PKM Unsam yang diketuai Dr Ir M Zulfri, ST, MM, MT, IPM melakukan pengabdian di Gampong Baroh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Senin (4/9). FOTO/PKM UNSAM

Banda Aceh – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra (Unsam) Langsa melakukan pengabdian di Gampong Baroh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Senin (4/9). Di desa tersebut, Tim PKM Unsam yang diketuai Dr Ir Muhammad Zulfri, ST, MM, MT, IPM melatih warga cara merancang bangun alat pembuat biogas sebagai sumber energi alternatif untuk kompor gas.

Ketua Tim PKM Unsam, Dr M Zulfri mengatakan, kegiatan itu dibesut bersama dosen Unsam lainnya semisal Dr Rita Syantia, ST, MT, Dr Taufan Arif Adlie, ST, MT, Ir Ryan Pramanda, ST, MT, IPM, dan Muhammad Isra, ST, MT.

M Zulfri yang juga Wakil Rektor (Warek) III Unsam menerangkan, pelatihan rancang bangun alat Biogas tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada Masyarakat tentang sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan gas alam. “Ini juga sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu warga kesulitan dalam mendapatkan gas elpiji, sehingga bisa memakai Biogas untuk menghidupkan kompor gas mereka,” kata M Zulfri.

Tim PKM Unsam berharap, dengan adanya pelatihan ini, warga nantinya tidak lagi kesulitan dan panik bila tiba-tiba gas elpiji langka di pasaran. “Karena warga sudah bisa memanfaatkan Biogas untuk sumber energi alternatif bagi kompor gas mereka sehingga dapur tetap mengepul,” pungkasnya.

Pengering terasi portable
Pada hari dan tempat yang sama, Tim PKM Unsam juga melatih warga cara membuat alat pengering terasi portable. Tim tersebut kali ini diketuai Dr Rita Syantia, ST, MT dengan anggota Dr Ir Muhammad Zulfri, ST, MM, MT, IPM, Dr Taufan Arif Adlie, ST, MT, Ir Ryan Pramanda, ST, MT, IPM, dan Muhammad Isra, ST, MT.

Ketua Tim, Dr Rita mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut didasari karena banyak warga Gampong Baroh yang berprofesi sebagai pembuat terasi. Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan ini membuat warga lebih praktis dalam mengeringkan terasi buatan mereka. “Karena alat pengering terasi ini berbentuk portable, sehingga gampang dipindah-pindah sesuai kebutuhan,” urainya.

Untuk diketahui, Biogas merupakan sumber energi terbaru dan dapat dijadikan sebagai energi alternatif pengganti energi yang berasal dari fosil seperti minyak bumi dan gas alam. (*)