Beranda Parlementaria Ketua DPRK Aceh Besar : Selamat HUT PGRI Ke-75 dan Hari Guru...

Ketua DPRK Aceh Besar : Selamat HUT PGRI Ke-75 dan Hari Guru Nasional Tahun 2020

188
0
BERBAGI

Aceh Besar- Diawali kalimat ‘Laulal Ulama’u Sharan Naasu Kal Bahaaim, jika bukan karena orang alim dan orang berilmu maka insan telah menjadi hewan. Kutipan ini masyhur dibaca dari satu tulisan ke tulisan, juga terdengar dari mimbar ke mimbar dari satu podium ke podium lainnya.

Tentunya tidak cukup dihafal atau dipahami saja justru berkenan dipraktikkan dalam kehidupan oleh setiap insan yang berprofesi sebagai guru, pendidik, tenaga kependidikan diseluruh pelosok Tanah Air secara subtansial.

Setelah 75 tahun lembaga Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan. Insan-insan yang berprofesi sebagai Muallim disana meyakini proses memanusiakan manusia tidak boleh berhenti meski langit runtuh.

Helatan HUT PGRI & Hari Guru Nasional (HGN) menjadi beda ditahun 2020 dengan segala keterbatasan dipengaruhi Pandemi Covid-19 namun meski demikian penulis yakin tidak mengurangi Dzuk nan Ghirrah PGRI, guru dan pergerakannya untuk terus bergerak dalam dunia pendidikan, terutama menunaikan kewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa.

Jika menyinggung persoalan teori dan praktik, penulis sangat meyakini bahwa guru, dosen, tenaga pendidik hingga penyelenggara pendidikan memiliki segudang ilmu dan konsep yang sudah matang.

Namun sisanya adalah bagaimana menerapkan teori dan konsep kedalam praktik khususnya belajar dan mengajar, memberi suri tauladan kepada peserta didik.

Memperhalus perasaan peserta didik, mentransfer ilmu pengetahuan sebagai target utama pendidikan. Memeperhalus perasaan dengan suri tauladan, dengan arahan bimbingan guru, kemudian barulah diisi dengan pengetahuan yang berguna.

Dikutip dari Ibnu Khaldun, peserta didik bagai botol atau wadah yang bisa diisi dengan apa saja. Begitu juga sifatnya hati dan otak anak didik, maka isilah hati dan perasaan mereka dengan nilai pendidikan yang berkualitas.

Lewat tulisan singkat ini tentu mewakili perasaan penulis ingin menyapa guru, dosen, tenaga pendidik di Aceh Besar yang sangat penulis banggakan atas usaha, kerja keras mendidik dan mengajar generasi Aceh Besar. Ketahuilah jasamu sangat besar untuk bangsa ini.

Penulis senantiasa berdoa dan mengharapkan meski Pandemi Covid-19 tidak membuat guru lelah dalam mendidik dengan segala keterbatasan yang dimiliki saat ini.

Bersama Pimpinan DPRK Aceh Besar, kami mengharapkan kepada PGRI sebagai lembaga naungan guru agar terus bergerak, memperkaya ide dan konsep kemudian tidak berhenti dalam mengkampanyekan pentingnya pendidikan diseluruh pelosok Aceh Besar.

Sadar akan urgensi pendidikan dengan edukasi dari lidah ke lidah, dengan ruang diskursus lewat lembaga PGRI bahkan kampanye sadar pendidikan dari pintu ke pintu.

“Kewajiban bersama adalah berusaha, memberi suri tauladan dan mengajarkan, sisanya kita serahkan kepada Allah STW”.

Selamat HUT PGRI Ke-75 dan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020

Hormat kami,
Iskandar Ali, S.Pd.,M.Si
Ketua DPRK Aceh Besar.(*)

BERBAGI