Beranda Headline Korem 012/TU Gelar Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M

Korem 012/TU Gelar Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, Prajurit dan PNS jajaran Korem 012/TU yang beragama Islam mengikuti peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446, Selasa (09/7/2024). Foto: Penrem 012/TU

Meulaboh – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, Prajurit dan PNS jajaran Korem 012/TU yang beragama Islam mengikuti peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H/2024 Masehi dengan tema “Jadikan Semangat Muharram Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045” yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Makorem, Ds. Ujong Tanoh Darat, Kec. Meureubo, Kab. Aceh Barat, Selasa (09/7/2024).

Tahun Baru Islam diperingati umat Islam setiap tanggal 1 Muharram, dan pada tahun ini 1 Muharram 2024 jatuh pada hari minggu tanggal 07 Juli 2024 kemarin. Tahun baru Islam tersebut menjadi pertanda pergantian tahun dalam kalender Islam atau disebut dengan tahun Hijriyah.

Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan, S.E., dalam sambutannya yg dibacakan oleh Kasipers Kasrem 012/TU Mayor Inf Wira Ardhani, S. E., menjelaskan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah hakekatnya merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi umat islam yaitu peristiwa hijrahnya nabi besar muhammad saw beserta kaum muslimin dari mekah ke Madinah.

Ditegaskan oleh Danrem, Tahun Baru Islam merupakan wahana yang tepat untuk mengevaluasi diri, keluarga dan peran kita sebagai prajurit dan PNS TNI AD. “Mari kita jadikan Tahun Baru Islam untuk menguatkan tekad, mendorong semangat, ketulusan dan keikhlasan dalam melaksanakan setiap tugas yang diembankan kepada kita semua”,tegas Danrem.

Sementara itu, Ustad Ali Fikri Salman SAF saat memberikan tausiah menyampaikan, bahwa momen tahun baru Hijriah merupakan momen Hijrah yang artinya adalah berpindah. Namun dalam hal ini, berpindah yang dimaksud bukanlah berpindah tempat, melainkan berpindah atau berubah secara mental dan moral dalam setiap amal perbuatan. Artinya, seorang muslim hendaknya mengubah sifat-sifat buruk yang ada dalam dirinya menjadi sifat-sifat yang baik dan terpuji.

“Kita berharap ditahun baru 1446 Hijriah ini, mari sama-sama kita bulatkan tekad dan niat untuk bisa hijrah menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya”, harap Ustad Ali.

Acara Kegiatan 1 Muharram ini ditutup dengan Doa bersama untuk kebaikan, kesehatan dan keselamatan keluarga besar Makorem 012/TU dalam menjalankan tugas-tugas kedepan.

Turut hadir dalam acara ini para Dan/Kabalak Aju Korem 012/TU, para Kasi Kasrem 012/TU, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem serta Balak Aju Korem 012/TU.(*)