Beranda Headline USK Peringkat III Pelaporan PPDikiti Terbaik di Indonesia

USK Peringkat III Pelaporan PPDikiti Terbaik di Indonesia

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan menerima penghargaan Bronze Winner atau peringkat III untuk katagori Satuan Kerja dengan Pelaporan PPDikti terbaik di Indonesia 2023. Foto: Humas/USK.

Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala berhasil meraih Bronze Winner atau peringkat III untuk katagori Satuan Kerja dengan Pelaporan PPDikti terbaik di Indonesia. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan pada Anugerah Diktiristek 2023 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Seusai menerima penghargaan tersebut, Rektor menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga dengan pencapaian USK ini. Sebab tahun ini merupakan pertama kalinya USK bersaing dengan jajaran kampus terbaik di Indonesia dalam klaster Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH) pada ajang Anugrah DIKTIRistek ini.

Menurut Rektor, hal ini setidaknya menunjukkan USK telah berkembang dengan sangat baik sehingga mampu sejajar dengan kampus ternama lainnya di Indonesia. Maka Rektor menilai, pencapaian ini akan menjadi penyemangat USK untuk terus mengembangkan institusinya.

“Alhamdulillah, ini prestasi yang patut kita banggakan. Walaupun USK masih tergolong kampus baru di jajaran PTN BH, namun kita mampu meraih penghargaan ini di tahun pertamanya sebagai kampus PTN BH,” ucap Rektor.

Selain penghargaan tersebut, Dosen USK yaitu dr. Harapan, DTM&H., M.Infect.Dis juga turut meraih penghargaan pada Augrah DIKTIRistek ini yaitu meraih Gold Medal untuk Katagori Dosen Berprestasi (Sinta Awards).

Anugerah Diktiristek 2023 merupakan apresiasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek kepada sejumlah pihak yang telah mendukung pelaksanaan program dan kebijakan pendidikan tinggi, riset dan teknologi.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D mengatakan, Anugrah Diktiristek ini mulanya adalah Anugrah Humas dan Jurnalistik pada tahun 2020. Selanjutnya, Kemendikbudristek memperluas pemberian anugrah ini kepada seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan mitra di lingkungan Kemendibudristek.

Selanjutnya Prof. Nizam mengungkapkan, akselerasi pendidikan tinggi di Indonesia telah berkembang dengan sangat baik dalam empat tahun terakhir ini. Hal ini tidak lepas berkat dukungan kerja sama perguruan tinggi serta mitra Kemenristek, termasuk Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

“Perjalanan transformasi selama empat tahun ini berlangsung akseleratif. Anugerah Diktiristek ini mengeratkan antara kampus dengan dunia industri baik dalam pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada mayarakat,” ujarnya. (*)