Beranda Headline Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Luluskan 42 Sarjana

Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Luluskan 42 Sarjana

Dekan Psikologi UIN Ar-Raniry, Dr Muslim, MSi menyerahkan ijazah kepada salah seorang lulusan pada yudisium gelombang III tahun 2023, yang diselenggakan di Ruang Teater kampus tersebut, Selasa (29/8/2023).(Foto/Humas UIN Ar-Raniry).

Banda Aceh – Fakultas Pasikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali meluluskan sebanyak 42 sarjana strata satu pada yudisium gelombang III tahun 2023, yang diselenggakan di Ruang Teater kampus tersebut, Selasa (29/8/2023).

Dekan Psikologi UIN Ar-Raniry, Dr Muslim, MSi dalam arahannya mengatakan bahwa proses pendidikan tidak hanya di bangku kuliah, tetapi ada di mana-mana, baik formal maupun informal, proses yang berlangsung selama empat tahun di Perguruan Tinggi hanyalah bagian terkecil dari sebuah proses pendidikan secara umum.

“Peran serta masyarakat, orang tua, dan lingkungan menjadi faktor utama kesuksesan pendidikan, perolehan gelar sarjana tidak hanya dari usahanya sendiri, juga bantuan banyak pihak yang memberikan motivasi, dukungan, kesempatan, biaya dan lainnya. Untuk itu kita bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas keberhasilan ini,” ucapnya.

Dikatakan, para lulusan telah melalui berbagai tahapan dan kerja keras hingga sampai pada prosesi yudisium ini, mereka telah dibekali dengan segudang ilmu pengetahuan dari para dosen yang selama ini dengan tekun, giat dan sungguh-sungguh mendidik mereka.

“Kita berharap, proses panjang yang telah dilalui semua peserta yudisium ini mampu membekali mereka untuk menghadapi dunia nyata yang penuh dengan tantangan dan persaingan. Kita sangat menyadari bahwa Fakultas Psikologi tidak mencetak tenaga-tenaga ahli dengan skill tertentu yang siap untuk bekerja, tetapi Fakultas Psikologi mencetak para sarjana sebagai kaum intelektual yang siap membangun masyarakat menjadi lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Muslim berharap, lulusan Psikologi dapat mendedikasikan ilmunya untuk kepentingan umat, diharapkan bagi yang punya kemampuan dan kesempatan agar dapat melanjutkan studinya ke strata lebih tinggi. Karena dalam dunia pendidikan, S1 hanya merupakan terminal awal, masih ada dua terminal lagi untuk sampai pada tujuan, yaitu S2 dan S3.

Sementara itu, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Psikologi, Dr Safrilsyah, MSi dalam laporannya menyebutkan, peserta yudisium pada gelombang III tahun 2023 ini berjumlah 42 orang, terdiri dari delapan laki-laki dan 34 perempuan.

Dari jumlah tersebut kata Safrilsyah, yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude sembilan orang, lulus pujian enam orang, predikat sangat baik 20 orang dan predikat baik sebanyak 7 orang. Kepada lulusan terbaik masing-masing diberikan penghargaan dari Fakultas.(*)