Beranda Aceh Terdampak Pandemi dan Banjir, ACT Aceh – AWC Salurkan 10 Ton Beras

Terdampak Pandemi dan Banjir, ACT Aceh – AWC Salurkan 10 Ton Beras

46
0
BERBAGI

Banda Aceh – Presiden Direktur Aceh Wakaf Corporation (AWC) Husaini Ismail, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh Zulfurqan, dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Besar Tgk. H. Husaini A. Wahab melepaskan 10 ton beras secara simbolis dalam rangka program Operasi Pangan Gratis (OPG) di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (12/7/2021).

Pendistribusian 10 ton beras ini merupakan gerakan perdana dari Aceh Wakaf Corporation dalam program Operasi Pangan Gratis.

Terdapat 10 titik penyebaran beras wakaf menyasar pada dayah-dayah yang berada di Aceh Besar, dimana dayah yang menjadi titik distribusi merupakan dayah yang santri nya berasal dari keluarga yatim / piatu prasejantera. Distribusi juga masuk ke posko pengungsian penyintas banjir di Garot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

“Beras wakaf yang kita salurkan adalah sejumlah 10 ton untuk seluruh Aceh. Titik distribusinya ke dayah-dayah dan juga tempat pengungsian bencana banjir di Aceh Besar. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian Aceh Wakaf Corporation dan juga ACT terhadap masyarakat di tengah sulitnya pandemi saat ini sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh ribuan santri,” ujar Husaini Presiden Direktur Aceh Wakaf Corporation.

Program Operasi Pangan Gratis ini adalah bentuk kepedulian ACT terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan di masa pandemi, dimana program ini siap mendukung kebutuhan pangan masyarakat Aceh di tengah sulitnya keadaan saat ini.

Dayah Syamsul Fata, Gampong Bakoy, Ingin Jaya, Aceh Besar merupakan salah satu tempat pendistribusian beras dimana senyum dan wajah ceria anak-anak penghuni dayah merekah kala truk ACT masuk ke pekarangan dayah. Mereka langsung berbaris berjejer saling bekerja sama sambil tertawa bahu-membahu memindahkan beras dari truk ke dayah. Seakan tak ada rasa lelah, beras-beras itu dengan rapih mereka letakkan di dalam dayah.

Beras wakaf ini juga diberikan kepada para penyintas banjir di Garot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Sejumlah setengah ton beras tersebut langsung diserahkan kepada perangkat gampong di Kantor Keuchik Gampong Garot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar agar dapat segera di distribusikan kepada masyarakat yang rumahnya terdampak bencana banjir.

Diketahui sebelumnya, selama 3 hari sejak Jumat (9/7/2021) wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar dilewati hujan dan angin kencang yang menyebabkan sebagian wilayah mengalami banjir. Banyak anak-anak yang terkena bencana ini dan berada di posko pada saat air sedang tinggi.

ACT Aceh juga menurunkan relawan dan juga tim Disaster Emergency Response (DER) pada malam hari ke lokasi tersebut untuk membantu korban bencana banjir untuk dapat mengungsi ke posko bencana banjir setempat.

Zulfurqan, Kepala Cabang ACT Aceh mengatakan program ini merupakan bentuk kolaborasi kemanusiaan bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh Besar.”

“Beras yang akan didistribusikan kami simpan di Wakaf Distribution Center (WDC) ACT Aceh untuk dapat kami salurkan di kemudian hari. Pada hari ini beras wakaf sejumlah 5 ton telah kami distribusikan ke 4.629 penerima manfaat di wilayah Aceh Besar,” sebut Munandar, Staf Program ACT Aceh.

Dalam seremonial pelepasan Operasi Pangan Gratis ini juga hadir Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Kab.Aceh Besar, dan kepala SKPD se-Aceh Besar. [R]

BERBAGI