Beranda Headline Musriadi Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

Musriadi Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

Banda Aceh – Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh, Musriadi Aswad, mengajak masyarakat untuk rutin mendonorkan darahnya. Selain untuk menunjang kesehatan, donor darah rutin juga bisa membantu mengatasi kebutuhan stok darah yang sering menipis. Setiap harinya kata Musriadi, kebutuhan darah di Banda Aceh lebih dari 100 kolf (1 kolf=500 cc).

“Sedangkan jumlah darah yang didapat kadang tidak mencukupi kebutuhan sesuai permintaan. Sehingga PMI Banda Aceh dan kadang kala dibantu keluarga pasien harus menelepon para pendonor yang sudah tiba waktunya donor untuk segera mendonorkan darahnya di UDD PMI Banda Aceh,” kata Musriadi saat mendonorkan darahnya di UDD PMI Banda Aceh, Selasa (2/2/2021).

Musriadi berharap, warga yang kondisinya sehat agar mau rutin mendonorkan darahnya di PMI. Jangan hanya menunggu saat keluarganya butuh darah, baru mendonorkan darahnya.

“Banyak manfaat donor darah, selain bagus untuk kesehatan diri juga bermanfaat untuk kesehatan orang yang butuh transfusi darah. Selain itu juga menjadi amal untuk bekal akhirat kelak,” lanjutnya.

Musriadi juga mengapresiasi gampong-gampong di Banda Aceh yang sudah mulai membentuk gampong siaga darah seperti Gampong Deah Glumpang dan Gampong Mulia. Ia berharap gampong-gampong lain mengikuti jejak kedua gampong ini demi meringankan beban sosial masyarakat.

“Gampong siaga donor darah adalah ide bagus yang dilakukan oleh PMI untuk memenuhi kebutuhan darah,” ujar politisi PAN itu.

Tak hanya gampong, ia juga berharap seluruh SKPK di Banda Aceh rutin menyelenggarakan donor darah.[R]