Beranda Ragam Bantu Pengembangan TIK, APJII Selenggarakan Workshop Interoperabilitas Data

Bantu Pengembangan TIK, APJII Selenggarakan Workshop Interoperabilitas Data

45
0
BERBAGI

Banda Aceh – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) selenggarakan Workshop Interoperabilitas Data Pemerintahan Kota Banda Aceh yang diselenggarakan di Balai Keurukon Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh, Kamis (07/01/2021).

Workshop ini dilaksanakan sebagai pembuka kegiatan kerja sama, sesuai dengan Nota Kesepahaman antara Pemko Banda Aceh dan APJII, yang telah ditandatangani di Tahun 2019, dimana beberapa kegiatan yang awalnya direncanakan dapat dilakukan pada tahun 2020 namun disebabkan pandemi Covid-19 baru dapat diselenggarakan pada awal tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Kota Banda Aceh Amiruddin, SE, M.Si,. Dalam sambutannya Amiruddin mengucapkan terima kasihnya kepada APJII yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Amiruddin mengharapkan kegiatan ini tidak berakhir sampai di sini, tetapi tetap dapat terus berlanjut, sesuai dengan nota kesepahaman yang telah kita sepakati tahun lalu.

“Semoga dengan dukungan APJII ini akan menjadikan Kota Banda Aceh sejajar dengan kabupaten/kota lain dalam hal pengelolaan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK serta Smart City-nya,” tambah Amir.

Kepada peserta yang hadir, sekda mengharapkan dapat menjadi utusan atas kebijakan berbagi pakai data yang akan diterapkan nanti di Pemko Banda Aceh, khususnya untuk memberikan pemahaman bagi OPD masing-masing terkait pengelolaan dan rencana pemanfaatan data yang baik, sehingga berbagi pakai data akan menjadi suatu keniscayaan.

“Berbagi pakai data yang diharapkan dapat kita wujudkan di masa mendatang terutama bagi data-data yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, pelayanan publik dan keuangan serta sektor strategis lainnya yang dapat digunakan sebagai salah satu rujukan bagi pengambilan keputusan dan perencanaan daerah yang baik dan terarah,” pungkas Sekda.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh Fadhil S.Sos MM dalam laporan singkatnya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani di Tahun 2019 antara Pemerintah Kota Banda Aceh dan APJII.

“Kegiatan workshop ini bertujuan untuk penyamaan persepsi tentang pentingnya pengintegrasian data bagi pemerintah kota,” kata Fadhil

Ketua Umum APJII, Jamalul Izza mengatakan bahwa dukungan penuhnya kepada Pemko Banda Aceh, dan siap membantu pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kota Banda Aceh.

Selain diikuti para pejabat eselon III yang mewakili sejumlah OPD Kota Banda Aceh, kegiatan ini juga diikuti sejumlah peserta dari Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Aceh Tengah.(R)

BERBAGI