Beranda Uncategorized Bersama Warga Desa Paloh Lada, Kelompok KKN 192 Lakukan Pelatihan Pembuatan SOANTRI

Bersama Warga Desa Paloh Lada, Kelompok KKN 192 Lakukan Pelatihan Pembuatan SOANTRI

46
0
BERBAGI

Paloh Lada- Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Malikussaleh kelompok 192 melakukan pelatihan pembuatan Soantri di balai Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara, Aceh Utara pada Rabu (28/10/2020).

Mahasiswa KKN 192 yang beranggotakan 7 (tujuh) orang terdiri dari Muhammad Jefri Yacob ( Teknik Elektro), Nadila Astari (Teknik Sipil), Rahmatun Aulia (Teknik Sipil),Rismayana (Akuntansi),Auliani (Teknik Kimia), Rini Astuti (Teknik Sipil), Muhammad naufal (Teknik Industri) yang berada dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Harinawati S. Sos., M. A ini melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan agar dapat dikembangkan oleh masyarakat desa Paloh Lada untuk meningkatkan pendapatan ekonomi dimasa pandemi saat ini.

“Selain memberikan pelatihan pembuatan soantri dan menghemat pemakaian soantri, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan warga Desa Paloh Lada dimasa pandemi,” ujar Auliani, bendahara kelompok KKN 192.

Program pelatihan pembuatan sabun dilaksanakan pada Rabu, 28 Oktober 2020 pukul 09.00-11.00 WIB dengan partisipan dua belas orang sebagai perwakilan warga desa Paloh Lada Kec. Dewantara, Aceh Utara. Kegiatan diawali dengan pembagian resep pembuatan Soantri kepada para partisipan dan memberikan penjelasan tentang bahan yang digunakan.

Adapun bahan-bahan yang digunakan yaitu Texapon, Sodium Sulfat, NaCl, Asam Sitrat, Ambitel, Pewangi dan pewarna pakaian. Setelah melakukakan penjelasan, para mahasiswa pun memulai proses pembuatan soantri dengan mencampurkan bahan tersebut satu-persatu dalam ember berukuran besar dan diaduk menggunakan sendok pengaduk hingga semua bahan tercampur rata.

Salah satu partisipan pelatihan pembuatan soantri Nurhayati mengatakan dengan pelatihan ini pihaknya sangat berterima kasih kepada mahasiswa, lantaran pelatihan tersebut sangat memberi banyak manfaat, selain menghemat pemakaian soantri juga dapat dikembangkan secara home industri.

“Sangat kreatif dan sangat bermanfaat, bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat di toko bahan kimia terdekat. Bisa dibuat di rumah dan diproduksi sendiri untuk dijual,” ujarnya. (R)

BERBAGI