Beranda Uncategorized Dinas Kesehatan Sosialisasikan Program GENCAR

Dinas Kesehatan Sosialisasikan Program GENCAR

Aceh Besar – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar menggelar kegiatan sosialisasi dan pembekalan program Gerakan Nakes Aceh Cegah Covid 19 (GENCAR) kepada seluruh intansi terkait, di Aula Dekranasda Aceh Besar, Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (27/10/2020).

Sebelumnya Sekda Aceh, Taqwallah telah lebih dulu melakukan pembekalan kepada seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan  tenaga medis melalui video conference di ruang rapat Sekretariat Daerah Aceh pada 26 Oktober 2020.

Pembekalan Program GENCAR ini sebagai upaya tindak lanjut intruksi Gubernur Aceh melalui surat No. 440/14959 tanggal 19 Oktober 2020 kepada seluruh Dinas lterkait untuk menyukseskan program GENCAR.

Anita SKM MKes, Kadis Kesehatan Aceh Besar menyampaikan Pembekalan dan sosialisasi kegiatan GENCAR merupakan salah satu langkah awal sebelum nantinya tanggal 1-10 November 2020 akan melakukan isolasi mandiri serentak seluruh Aceh selama 10 hari.

Kita membutuhkan seluruh elemen untuk menyukseskan kegiatan Gencar ini, banyak hal hal teknis yang mesti kita kerjakan bersama dengan pihak lain. misalnya, selama masa isolasi siapa saja yang akan mendistribusikan logistik, melakukan pemantaun, dan pemulasaran jenazah jika nantinya ada yang meninggal dalam proses isolasi,” tutur Anita.

Kegiatan GENCAR ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Wilayah Aceh dengan melakukan isolasi bagi seluruh masyarakat yang bergejala dan terinfeksi Covid 19 secara mandiri. “Nanti tenaga kesehatan dan instansi terkait akan menyediakan ruang konsultasi serta melakukan pemantauan, pelacakan bagi warga yang mengalami gejala dan yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid 19,” ujar Anita.(R)