Beranda Headline Gelar MTQ ke 32 di Masjid Lampupok, Aparatur Gampong Dihimbau Plot Anggaran...

Gelar MTQ ke 32 di Masjid Lampupok, Aparatur Gampong Dihimbau Plot Anggaran dari Dana Desa

Pengurus Remaja Masjid At Taqwa Lampupok Kecamatan Indrapuri Aceh Besar, menggelar 2 kegiatan gebyar Ramadhan yaitu pelantikan pengurus remaja masjid periode 2024-2026 dan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 32, Minggu malam (17/3/2024).(Foto/Kiriman Khalid Wardana).

Kota Jantho : Pengurus Remaja Masjid At Taqwa Lampupok Kecamatan Indrapuri Aceh Besar, minggu malam (17/3/2024) menggelar 2 kegiatan gebyar Ramadhan di komplek masjid setempat yaitu pelantikan pengurus remaja masjid periode 2024-2026 dan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 32.

Pelantikan pengurus remaja masjid di lakukan oleh imum chik masjid At Taqwa Lampupok Tgk Aidil M Sufi SH, dengan ketua remaja masjid di jabat Aidil Azrial Akbar, sekretaris Putra Angkasah, bendahara Muhammad Faridi, ketua 1 Akram ketua II Salman al Farisi, sekretari 1 M Hanin Azkiya sekretaris II Rayyanda dan di lengkapi dengan sejumlah bidang.

Setelah prosesi pelantikan di lanjutkan dengan pembukaan MTQ ke 32 oleh Kasubbag tata usaha Kankemenag Aceh Besar H Khalid Wardana SAg MSi. Kegiatan MTQ yang gelar sejak tanggal 17 – 24 maret 2024 di ikuti oleh 150 peserta dari 7 kafilah yaitu Seulangai, Lampupok Baro, Lampupok Raya, Lambeutong, Ulee Kareung, Seureumo dan utusan remaja masjid.

Adapun cabang yang di lombakan terdiri dari Tilawah kanak-kanak putra/putri,
Tilawah remaja putra/putri,
Hifzil Quran kanak-kanak putra/putri, Azan kanak-kanak putra
Pidato kanak-kanak putra/putri, Khutbah jumat, syarhil
Quran, tajhiz mayat, I’tikeut 70, hafalan nasab nabi dan
Fahmil Quran.

Dalam sambutannya H Khalid Wardana menyampaikan apresiasi kepada pengurus remaja masjid At Taqwa Lampupok yang terus eksis menggelar berbagai kegiatan syiar keagamaan termasuk MTQ yang gelar setiap bulan suci ramadhan, bahkan kegiatan ini sudah berlangsung lebih dari 32 tahun yang lalu.

Kegiatan syiar Ramadhan ini patut di tiru oleh remaja masjid lainnya dalam mempersiapkan sumber daya generasi qurani. Kemitraan dan dukungan yang luar biasa antara remaja masjid dan masyarakat menjadikan remaja masjid At Taqwa Lampupok sebagai salah organisasi remaja masjid yang teraktif di Aceh, tidak hanya kegiatan MTQ, perayaan PHBI, pendidikan TPQ dan kegiatan sosial keummatan terlaksana dengan maksimal di masjid yang telah melahirkan ratusan kader potensial.

Kegiatan pengkaderan, MTQ dan syiar ramadhan seperti ini dapat di gerakkan di berbagai gampong dan masjid, apalagi dengan adanya alokasi dana desa, kiranya dapat di manfaatkan untuk peningkatan SDM dan mewujudkan generasi yang unggul dan berakhlaqul karimah.

Tidak hanya pembangunan fisik dan infra struktur tetapi perlu di arahkan untuk pembangunan mental spiritual, jadi membangun manusianya lebih terhormat dari pada tiap tahun menghabiskan dana desa untuk membangun jalan rabat beton, saluran atau pintu gerbang, untuk itu butuh kesadaran dan komitmen dari keuchik dan aparatur gampong, ungkap Khalid Wardana yang pernah menjadi keuchik teladan Aceh.

Turut hadir pada acara tersebut Imum mukim Reukih Mahya Zakuan SAg, Danramil dan Kapolsek Indrapuri, Ippemindra, para keuchik dan tokoh masyarakat lainnya.(*)