Beranda Daerah MPU Aceh Terbitkan Tausiah Pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadan

MPU Aceh Terbitkan Tausiah Pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadan

Ketua MPU Tgk H Faisal Ali. Foto: Humas/MPU Aceh.

Banda Aceh – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menerbitkan tausiah pelaksanaan ibadah bulan Ramadan 1445 Hijriah dan kegiatan keagamaan lainnya dalam rangka mewujudkan kenyamanan beribadah di Aceh.

Dalam tausiah bernomor 3 Tahun 2024, tanggal 5 Marwt 2024 itu, diteken Ketua MPU Tgk H Faisal Ali, dan tiga wakil ketua MPU Aceh.

Tausiah itu memuat beberapa poin, diantaranya MPU meminta kepada Pemerintah Aceh dan masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh sukacita dan keikhlasan sebagai bulan yang membawa rahmat dan keberkahan.

“Diminta kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengawasi dan menertibkan kegiatan penyambutan Ramadhan yang tidak sesuai dengan syariat Islam dan adat Aceh,” bunyi poin kedua dalam tausiah tersebut, Sabtu (9/3/2024).

Selanjutnya, Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota serta pihak terkait untuk memperhatikan penyediaan daging dan penyembelihan hewan meugang yang sesuai dengan syariat Islam.

“Diminta kepada segenap masyarakat agar tetap menjaga ukhuwah dan menghargai perbedaan serta memperhatikan keputusan pemerintah dalam penetapan awal Ramadhan,” bunyi poin selanjutnya.

Dalam tausiah itu MPU meminta Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota dan semua pihak untuk menjaga situasi dan kondisi yang aman dan kondusif agar masyarakat nyaman dan tenang dalam melaksanakan ibadah Ramadhan.

Selain itu Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota diminta untuk menjamin tersedianya bahan kebutuhan pokok masyarakat yang baik dan halal dengan harga yang terjangkau.

“Kemudian kepada segenap masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan agama, pengamalan, syiar, silaturrahim dan kepedulian kepada sesama,” tulis tausiah MPU tersebut. (*)