Beranda Headline USK Sumpah 15 Dokter Gigi Baru

USK Sumpah 15 Dokter Gigi Baru

Dekan FKG USK, Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG melakukan pengambilan sumpah Dokter Gigi baru pada pelantikan angkatan ke-41 di Aula fakultas setempat, Senin 19 Februari 2024. Foto: Humas/USK.

Banda Aceh – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (FKG USK) meluluskan 15 Dokter Gigi baru. Pengambilan sumpah dan pelantikan diambil oleh Dekan FKG USK, Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG di Gedung Aula fakultas setempat, Senin (19/02/2024).

Pada pelantikan angkatan ke-41 ini, Dekan FKG USK menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada orang tua yang telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk mendidik putra-putrinya di FKG USK.

“Semoga kesuksesan para lulusan hari ini akan menjadi contoh dan motivasi bagi adik-adiknya yang sedang melanjutkan pendidikan di FKG USK serta siap untuk mengabdi dan melayani masyarakat,” ucapnya.

Dekan FKG menambahkan, sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 7 Tahun 2022 tentang Program penyelenggaraan internship dokter dan dokter gigi bahwa setelah lulus menjadi drg, diwajibkan untuk mengikuti program internship yang merupakan kebijakan Kementerian Kesehatan yang ditujukan kepada dokter dan dokter gigi baru.

Program ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat memberikan pemahaman dan kemandirian dokter,Penyesuaian dan pemantapan kompetensi drg dan pemenuhan kebutuhan dokter dan dokter gigi untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Program internship untuk dokter gigi dilaksanakan total selama 6 bulan, terdiri atas 3 bulan di Puskesmas dan 3 bulan di Rumah Sakit. Jangka waktu program internship tersebut diperhitungkan sebagai masa kerja,” jelasnya.

Untuk persyaratan kegiatan internsip anda harus mendapatkan STR internship dan untuk STR definitif sendiri akan diperoleh setelah kegiatan internsip selesai . Sebelum kegiatan internship ini dilaksanakan nanti akan ada kegiatan sosialisasi dan pembekalan kepada saudara semua tentang pelaksanaan kegiatan internship.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU dalam sambutanya mengatakan, kiranya para dokter gigi yang telah dilantik dan diambil sumpahnya akan mampu menegakkan integritas profesi, mengamalkan sumpah dokter gigi, mematuhi standar etik profesi dokter gigi dan penguasaan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan berkelanjutan.

“Selamat! Jangan pernah lupa betapa pentingnya etika dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai dokter gigi. USK selalu berupaya meluluskan dokter gigi yang bukan saja pintar, namun juga beretika dengan akhlak yang luhur,” tutur Prof Agussabti. (*)