Beranda Ekonomi Pj Bupati Iswanto Panen Bawang di Gampong Saney

Pj Bupati Iswanto Panen Bawang di Gampong Saney

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S STP MM didampingi Kadistan M Jafar dan Kabag Prokopim Imam Munandar menyambangi lahan petani bawang merah sekaligus melakukan panen bawang di Gampong Saney, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Sabtu (16/12/2023).(Foto/Prokopim Setdakab Aceh Besar).

Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S STP MM, menyambangi lahan petani bawang merah sekaligus melakukan panen bawang di Gampong Saney, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Sabtu (16/12/2023).

Dalam kesempatan meninjau lahan bawang milik warga seuas lima hektar itu, Iswanto tampak menyemangati para petani yang sangat senang, aktifitas mereka ditinjau langsung oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto. Tampak para petani berdialog lepas dengan figur nomor satu Aceh Besar itu, didampingi Kadistan M Jafar dan Kabag Prokopim Imam Munandar.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Aceh Besar secara terbuka mengapresiasi usaha diversifikasi tanaman yang dilakukan oleh kelompok tani bawang Kreasi Baru di Saney. “Ini juga bagian dari upaya ketahanan pangan dan maksimalisasi penggunaan lahan. Selain itu produk yang dihasilkan juga berkualitas.

Usaha ini pantas untuk dicontoh kelompok tani lain, terutama untuk meningkatkan pendapatan serta penggunaan lahan secara efektif dan intensive,” tutur Iswanto seraya mengakui kualitas bawang yang dihasilkan di lahan berkarang ini sangat bagus dengan warna yang cerah.

Pj bupati mengharapkan dengan keuletan petani di Saney dapat mendongkrak produksi bawang merah maupun kebutuhan pangan lainnya di Kabupaten Aceh Besar, khususnya, maupun nasional yang sejalan arah pembangunan pemerintah saat ini.

Selain itu, Iswanto menuturkan komitmen Pemerintah Aceh Besar akan terus mendampingi petani, agar tercapai kemandirian untuk memproduksi pangan.
Dalam kesempatan tersebut, kadis Pertanian juga ikut mengapresiasi petani bawang di Gampong Saney yang menurutnya tidak pernah mengecewakan.

“Hampir setahun sampai tiga atau empat kali kita mengunjungi petani disini, tapi hasilnya selalu membanggakan. Sehingga Kelompok Tani Kreasi Baru ini, pantas jadi contoh dalam menanam bawang merah,” katanya.(*)