Beranda Daerah Kepulangan Kafilah MTQ Banda Aceh Disambut Suka Cita

Kepulangan Kafilah MTQ Banda Aceh Disambut Suka Cita

Penjabat (Pj) Wali Kota, Amiruddin bersama Pj Sekdakota Wahyudi, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kapolresta Kombes Pol Fahmi mengalungkan bunga kepada Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Ridwan Ibrahim saat menyambut kafilah ketika tiba di Leupung Aceh Besar, Selasa (5/12/2023).(Foto/Prokopim Setdako Banda Aceh).

Dijamu Forkopimda di Pendopo

Banda Aceh – Tahun 2023 menjadi tahun yang membanggakan bagi masyarakat Kota Banda Aceh. Sebab gelar juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kembali ke ibu kota Provinsi Aceh setelah 23 tahun dalam penantian.

Sebagaimana diketahui, Kafilah Banda Aceh berhasil keluar sebagai juara umum pada gelaran MTQ ke-36 tingkat Provinsi Aceh yang diselenggarakan di Simeulue dengan jumlah poin 66. Unggul atas Kafilah Aceh Besar yang meraih 64 poin. Sementara urutan ketiga ditempati oleh Aceh Selatan dan Langsa yang sama-sama meraih poin 38.

Kepulangan kafilah pun disambut suka cita oleh masyarakat kota dan jajaran Pemko Banda Aceh. Rombongan kafilah yang dipimpin Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Ridwan Ibrahim itu disambut dengan pengalungan bunga dan diarak keliling kota.

Bahkan Penjabat (Pj) Wali Kota, Amiruddin bersama Pj Sekdakota Wahyudi, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli bersama unsur Forkopimda menyambut langsung para kafilah saat tiba di Leupung Aceh Besar, Selasa (5/12/2023).

Dari sana, tepatnya di Mushalla Sidiq para kafilah diarak menuju Banda Aceh dan melewati sejumlah jalan protokol. Tabuhan Rapai mengiringi arak-arakan kafilah yang mengunakan mobil bak terbuka dengan memegang piala bergilir MTQ.

Selama melewati jalan jalan dalam kota, iring-iringan kafilah tampak disambut masyarakat yang berdiri di tepi jalan dengan melambaikan tangan. Tak hanya itu, masyarakat yang berkumpul di pinggir jalan juga terlihat banyak yang mengabadikan momen tersebut dengan smart phone.

Arak-arakan kafilah berakhir di pendopo wali kota. Di sana seluruh kafilah dijamu makan siang oleh Forkopimda Banda Aceh, dan Pj Wali Kota menyampaikan sambutan apresiasi dengan mengumumkan bonus bagi para juara.(*)