Beranda Daerah Pemkab Aceh Besar Gelar Apel Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum

Pemkab Aceh Besar Gelar Apel Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum

Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi bertindak selaku Pembina Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (4/12/2023). FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi bertindak selaku Pembina Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (4/12/2023).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M Basuki Hadimuljono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh insan PUPR atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi selama ini.

“Dengan kekompakan dan kerjasama tim, kita berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kinerja Kementerian PUPR sepanjang tahun 2023 telah berhasil melaksanakan penugasan pembangunan infrastruktur antara lain, mendukung penyelenggaraan event-event internasional, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja.

“Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga,”sebutnya.

Dibagian lain disebutkan, pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah). Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang.

Sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023. Diharapkan semua pekerjaan dapat dituntaskan pada akhir 2023 dan akan dilanjutkan di tahun berikutnya.

“Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR di atas dapat terwujud karena kerja keras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR,” ucapnya.

Menyongsong tahun terakhir Kabinet Indonesia Maju, M Basuki mengingatkan kembali pesan Presiden Jokowi dalam penyerahan DIPA 2024. Pertama, gunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran.

Kedua, kelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas, serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi. Ketiga, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat.

Menurutnya, pada tahun 2024, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 10 th World Water Forum 2024 pada tanggal 18 hingga 24 Mei 2024 di Bali sebagai pertemuan air terbesar di dunia yang akan dihadiri lebih dari 17 ribu orang.

Untuk itu, semua pihak harus memberikan dukungan dan mengupayakan yang terbaik untuk suksesnya event penting ini yang memperlihatkan leadership Indonesia pada tataran global dalam mencari solusi berbagai isu air, serta memberi manfaat nyata untuk Indonesia.(*)