Beranda Daerah Tiba Dipemondokan, Kafilah MTQ Aceh Besar Dipeusijuk

Tiba Dipemondokan, Kafilah MTQ Aceh Besar Dipeusijuk

Perwakilan Kafilah Aceh Besar menjalani prosesi Peusijuk yang dilakukan oleh Kepala Dusun (Kadus) Ahmad Rijal, berlangsung di Pemondokan Kafilah belokasi di Gampong (Desa) Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur, Rabu (22/11/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

Sinabang – Ketua bersama Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Aceh Besar saat tiba pemondokan di Peusijuk (tepung tawar-red) oleh perangkat dan tokoh masyarakat Gampong Air Dingin, Sinabang, Rabu (22/11/2023).

Pada kesempatan itu, Ketua Kafilah MTQ Aceh Besar Farhan AP mengatakan, prosesi Peusijuk yang dilakukan oleh Kepala Desa (Keuchik Gampong) tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Kafilah Aceh Besar.
“Kami ucapkan terima kasih kepada perangkat dan masyarakat Gampong Air Dingin, karena telah menerima kedatangan kami dengan sangat baik,” katanya.

Ia menyebutkan, untuk penempatan kafilah Aceh Besar, baik putra dan putri berlokasi yang sama yaitu Gampong Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur, untuk pondok putra di rumah Asdar Masyah, sementara untuk putri dirumah Edi Arsyah.
“Bila Jarak antara pondok putra dan putri tidak jauh, sehingga kami dari official bisa mengontrolnya,” sebut Farhan.

Asisten I Sekdakab Aceh Besar itu meminta, kepada seluruh rombongan untuk menjaga tingkah laku dan nama daerah selama pagelaran MTQ dilaksanakan, hal tersebut tentu untuk menjaga nama baik Kabupaten Aceh Besar.
“Tolong jaga tingkah laku, jangan sampai tercoreng nama daerah,” tegas Farhan.

Sementara itu, Keuchik Gampong yang diwakili oleh Kepala Dusun (Kadus) Ahmad Rijal, mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan MTQ Kabupaten Aceh Besar di Gampong Air Dingin.
“Selamat datang di Gampong kami, mudah-mudahan selama ini tinggal disini senang dan nyaman dan yang paling penting selalu dalam keadaan sehat serta dalam lindungan Allah SWT,” katanya.

Prosesi peusijuk ini merupakan salah satu kearifan lokal dan adat budaya di Kabupaten Simeulue yang selalu dilakukan oleh masyarakat pada saat kedatangan tamu.
“Karena kami sangat memuliakan para tamu yang datang kesini,” sebutnya.

Ia menyampaikan, kedatangan Kafilah dari Aceh Besar di Gampong Air Dingin merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat disini, apalagi Aceh Besar merupakan Juara bertahan di MTQ tingkat Provinsi Aceh. “Kami doakan, mudah-mudahan Aceh Besar di MTQ ke 36 ini bisa meraih hasil yang maksimal nanti,” paparnya.

Untuk diketahui, pihaknya sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke 36 tingkat Provinsi Aceh, sangat mendukung dan ikut partisipasi dalam rangka menyukseskan pelaksanaan event MTQ ini. Untuk itu, selama berada di Gampong ini, mungkin nanti ada pelayanan ataupun tegur sapa yang tidak sesuai perasaan ataupun ada tingkah laku dari masyarakat tidak berkenan dihati.

“Tolong disampaikan kepada kami sebagai aparatur Gampong Air Dingin, sehingga kami bisa membina dan memberi arahan kepada masyarakat,” pintanya.

Ia menambahkan, apabila nanti para kafilah Aceh Besar membutuhkan bantuan, silahkan sampaikan, karena aparatur Gampong dan pemuda siap membantu.
“Jika butuh bantuan, silahkan sampaikan, jangan sungkan-sungkan, kami siap membantu,” pungkas Ahmad Rijal.(*).