Beranda Headline UIN Ar-Raniry Gelar Pekan Ta’aruf Qurani

UIN Ar-Raniry Gelar Pekan Ta’aruf Qurani

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg menguji hafalan Al-Qur’an peserta pada Kegiatan Pekan Ta’aruf Qurani yang berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmi kampus setempat. (21/11/2023).(Foto/Humas UIN Ar-Raniry).

Banda Aceh — Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan Pekan Ta’aruf Qurani (PTQ) pertama dalam rangka Milad ke-60 kampus tersebut.

Ajang kali pertama ini berlangsung selama sepekan, mulai tanggal 21-28 November 2023 yang dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg, di Gedung Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (21/11/2023).

Dalam sambutannya, Rektor Prof Mujiburrahman menyebutkan bahwa peserta PTQ merupakan orang-orang yang telah dipilih oleh Allah SWT dan diberi kelebihan untuk menjadi penghafal Al-Qur’an.

Melalui kegiatan ini, Mujib berharap UIN Ar-Raniry Banda Aceh di bawah dukungan para sivitas akademika dan juga para ustadz, nantinya kampus UIN Ar-Raniry akan menjadi pusat pembinaan tahsin dan tahfidz Alquran.

“Di bawah binaan ustadz-ustadz kita itu bukan saja nantinya hanya diikuti oleh kalangan mahasiswa di UIN Ar-Raniry, namun nantinya kita berharap Markazul Qur’an ini sebagai pusat studi pengkajian dan pengembangan Alquran yang bermanfaat bagi kampus dan masyarakat luar kampus,” harap Mujib.

Lebih lanjut, Mujib berharap para hafiz dan hafizah tidak hanya dapat menghafal Al-Qur’an, tetapi juga mendalami, memahami, dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an serta mengajak orang lain untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an.

Sementara itu, ketua pelaksana Ustadz Ivan Aulia Trisnady Lc MA menuturkan bahwa setiap tahunnya UIN Ar-Raniry Banda Aceh menerima ribuan mahasiswa baru. Dan di antara ribuan mahasiswa tersebut, terdapat ratusan yang merupakan hafizh dan hafizah.

“Untuk tahun 2023 saja, terdata ada 330 lebih mahasiswa penghafal Quran. Belum lagi kalau digabungkan dengan seluruh penghafal Quran yang ada di UIN Ar-Raniry. Kami yakin jumlahnya bisa mencapai ribuan,” tutur Imam Masjid Raya Baiturrahman ini.

Kegiatan Pekan Ta’aruf Qurani (PTQ) perdana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini, kata Ivan Aulia merupakan langkah untuk mengumpulkan para penghafal Al-Quran untuk bertaaruf, saling mengenal dan menyatukan emosional dan membangkitkan ghirah untuk bersama mewujudkan UIN Ar-Raniry menjadi kampus Al-Quran.

“Terdata jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Pekan Ta’aruf Qurani sebanyak 330 peserta. Selanjutnya kami sampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama sepekan, mulai hari ini tanggal 21 November hingga tanggal 28 November nantinya,” ujar Ivan Aulia, Selasa (21/11).

Lebih lanjut, Ivan Aulia menambahkan bahwa kegiatan PTQ tahun 2023 ini diawali dengan Talkshow dengan menghadirkan narasumber Ustadz Prof Fauzi Saleh dan Ustadz Hajarul Akbar yang dipandu Ustadz Muhajirul Fadhli.

Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan Parade Tasmi’ Al-Quran yang akan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 22-27 November 2023. Kegiatan Parade Tasmi’ Al-Quran merupakan kegiatan memperdengarkan bacaan Al-Qur’an tanpa melihat mushaf.

“Targetnya, setiap harinya mereka akan membaca 6 juz. Dihari pertama besok, akan tasmi’ juz 1 sampai juz 6. Hari kedua juz 7 sampai juz 12 dan seterusnya setiap harinya perkelipatan. Artinya pada hari Senin nantinya mereka akan selesai khatam 30 juz Alquran,” ungkap Ustadz Ivan Aulia.

Sebagai informasi, kelompok Parade Tasmi’ Al-Quran ini nantinya akan disebar dibeberapa lokasi di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh yakni Masjid Fathun Qarib, Gedung Biro Rektorat, Gedung Biro Akademik, Balee FEBI, Aula mini FAH, International Office Gedung Museum dan Jambo Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
|
“Kegiatan ini insya Allah akan kita gunakan pengeras suara, guna untuk menggemakan Al-Quran di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” ujarnya.

Pada hari terakhir, bahwa agenda penutupan PTQ akan diawali dengan haflah tilawah Al-Quran dari beberapa Qari-qari terbaik UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (*)