Beranda Daerah Pangdam IM Panen Jagung Tumpang Sari Program I’M Jagong di Aceh Jaya

Pangdam IM Panen Jagung Tumpang Sari Program I’M Jagong di Aceh Jaya

Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, melaksanakan panen Jagung Program I’M Jagong tahun 2023, di PT. ASN, Desa Pasi Timon, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (15/11/2023).(Foto/Pendam IM)

Calang – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, melaksanakan panen Jagung Program I’M Jagong tahun 2023, di PT. ASN, Desa Pasi Timon, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (15/11/2023).

Panen Jagung pada program ketahanan pangan I’M Jagong kali ini sangat unik, karena ide brilian dari Pangdam IM, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, yang melaksanakan tanam Jagung secara tumpang sari, di sela-sela lahan sawit yang masih dalam proses produksi.

Ide ini dilaksanakan pada program ketahanan pangan I’M Jagong Kodam Iskandar Muda, selain untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, dimaksudkan juga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan pegawai di lingkungan PT. ASN. Sambil menunggu lahan sawit produktif, para petani dan pegawai PT. ASN menanam jagung, secara tumpang sari, di sela-sela tanaman sawit.

Untuk Panen pada hari ini adalah seluas 16 hektar dari 500 hektar yang sedang dalam proses tanam di wilayah perkebunan sawit PT. ASN. Hasil panen kali ini berkisar 6-7 Ton per hektar. Pangdam Iskandar Muda berharap metode tumpang sari Jagung di sela-sela lahan sawit ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, sehingga dapat meningkatkan produktifitas Jagung di seluruh wilayah Aceh.

Pada akhir acara panen, Pangdam IM berharap produksi jagung di Aceh akan terus meningkat bersama-sama dalam program I’M Jagong, sehingga dapat mendorong hilirisasi industri pakan Jagung, yang pada akhirnya akan dapat menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapoksahli Pangdam IM, Danrem 012/TU, Para Asisten Kasdam IM, Para Kabalakdam, Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda dan pengurus, serta jajaran direksi PT. ASN beserta staf.(*)