Beranda Ekonomi Kemenag Aceh Besar Salurkan Donasi untuk Palestina Rp 105 Juta

Kemenag Aceh Besar Salurkan Donasi untuk Palestina Rp 105 Juta

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H Saifuddin SE menyerahkan donasi melalui Kemenag Aceh Peduli sejumlah Rp 105.741.000, diterima oleh Kakanwil Kemenag Aceh Drs H Azhari bertempat di Mushalla setempat, Rabu (15/8/2023).(Foto/Kemenag Aceh Besar).

*Himbau Masyarakat untuk Galang Bantuan

Kota Jantho – Dalam rangka solidaritas dan empati terhadap nilai nilai kemanusiaan dan nasib rakyat Palestina yang sedang menghadapi agresi Zionis Israel, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar menyerahkan donasi melalui Kemenag Aceh Peduli sejumlah Rp 105.741.000, bertempat di Mushalla Kanwil Kemenag Aceh, Rabu (15/8/2023).

Donasi diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H Saifuddin SE dan di terima oleh Kakanwil Kemenag Aceh Drs H Azhari, di saksikan oleh Kabid Penaiszawa H Zulfikar SAg, ketua DWP Kemenag Aceh Besar Hj Yasmaidar, Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana, Kasi Pendidikan Madrasah Suryadi, Kasi PAI Jamaluddin, Kasi PD Pondok Pesantren Nazaruddin, Kasi PHU Az Zahri dan perwakilan Kepala Madrasah.

Menurut Kepala Kankemenag Aceh Besar H Saifuddin Yahwa, semangat untuk berderma dan rasa empati dari keluarga besar Kemenag patut di berikan apresiasi dalam berbagai musibah dan bencana, baik bencana alam maupun konflik kemanusiaan.

“Untuk sumbangan terhadap rakyat Palestina di kumpulkan secara sukarela dari siswa madrasah, guru dan ASN lainnya. Untuk pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh dermawan dan keluarga besar Kemenag,”ujarnya.

Saifuddin juga mengajak masyarakat untuk terus membantu, mendoakan dan menggalang aksi solidaritas untuk Palestina. “Mari bantu saudara kita disana, dengan apapun yang bisa kita bantu, serta selipkan doa untuk mereka, semoga segera terbebas dari penjajahan,” pinta Saifuddin.

Ia menambahkan, Kemenag Aceh Besar terus menggalang donasi untuk Palestina. “Saat ini donasi masih terus kita galang, hari ini kita salurkan yang telah terkumpul agar segera dapat disampaikan ke saudara-saudara kita di palestina yang sangat membutuhkan,” kata Saifuddin.

Sebelumya, menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan edaran tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina. Edaran tersebut terbit dengan No SE. 12 Tahun 2023.

Sedangkan Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana di dampingi Kasi Penmad Suryadi menyampaikan bahwa penggalangan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina akan terus di lakukan, baik dari masyarakat maupun dari siswa madrasah dan ASN.

Penyerahan donasi sejumlah 105 juta yang di lakukan hari ini merupakan yang kedua, sebelumnya telah di serahkan melalui Syeikh DR Mahmoud bin Muhammad Ismail, putra asli Gaza Palestina melalui Yayasan Indonesia berbagi (IBS) sejumlah 20 juta di aula Dekranas Aceh Besar tanggal 7 nopember yang lalu.

Menurut Khalid, kondisi saat ini di Palestina yang semakin memburuk dengan jumlah korban jiwa lebih 11 ribu orang dan warga yang bertahan hidup mengalami krisis kemanusiaan yang luar biasa, seperti mengalami krisis makanan, air bersih, kesehatan dan tempat tinggal.

“Untuk itu Kemenag Aceh Besar mengajak seluruh warga masyarakat memiliki empati dan tergugah hatinya membantu perjuangan rakyat Palestina melalui untaian doa, shalat ghaib dan bantuan lainnya,”demikian Khalid Wardana.(*)