Beranda Headline DPRK Minta Peran Kepala Sekolah Lebih Ditingkatkan Untuk Menjaga Mutu Pendidikan di...

DPRK Minta Peran Kepala Sekolah Lebih Ditingkatkan Untuk Menjaga Mutu Pendidikan di Banda Aceh

Anggota DPRK Banda Aceh, Syarifah Munirah. Foto: Humas/DPRK BNA.

Banda Aceh – Anggota DPRK Banda Aceh, Syarifah Munirah mengatakan, bahwa peran kepala sekolah sangat menentukan kualitas dan mutu pendidikan di Banda Aceh.

Menurutnya, dinas terkait juga sangat berperan dalam rangka membantu serta mendongkrak pendidikan serta bersaing dengan daerah lain.

“Kami mendorong dinas untuk mengunjungi sekolah yang belum memiliki prestasi lebih sehingga bisa dipacu untuk mempunyai prestasi yang lebih,” kata Syarifah, Senin (23/10/2023).

Ia menyampaikan, dengan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sedikit, pendidikan harus dibantu oleh semua elemen masyarakat.

“Kalau diluar ini peran masyarakat dalam memajukan pendidikan itu luar biasa,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh ini.

Ia mengatakan, soal pendidikan di Banda Aceh, wali murid seharusnya mendorong mencari sumbangan memajukan sekolah setempat.

“Karena kita tahu anak anak bisa sekolah sampai sore, banyak anggaran yang dikeluarkan untuk biaya itu semua. Sebenarnya masih banyk keluhan, banyak yang kurang baik air bersih, lab dan lainnya,” jelasnya.

Disisi lain, kata dia, ruang ekstra kurikuler juga banyak yang berlum memiliki fasilitas. Ia mengatakan, banyak sekolah yang harus mendapat perhatian dari pemerintah.

Ia berharap, jika tidak cukup anggaran, Dinas Pendidikan harus jemput bola. Sehingga kebutuhan sekolah ini bisa terpenuhi.

“Kita berharap mencari peluang di luar, jangan terlalu berharap dari APBK. Tapi kami sepakat untuk melunasi utang, jadi tahun depan pogram disetiap dinas OPD itu bisa kembali normal. Karena selama ini hanya pogram rutin doang, pogram masyarakat dan banyak dipangkas,” ucapnya. (***)