Beranda Daerah Upacara HUT TNI ke-78 di Kodam IM Dimeriahkan Defile Hingga Panggung Prajurit

Upacara HUT TNI ke-78 di Kodam IM Dimeriahkan Defile Hingga Panggung Prajurit

Kodam Iskandar Muda (IM) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 tahun 2023, menggelar acara spektakuler di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (5/10/2023). (Foto/Pendam IM).

Banda Aceh – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 tahun 2023, Kodam Iskandar Muda (IM) menggelar acara spektakuler di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (5/10/2023). Acara yang dihadiri oleh berbagai pejabat dan masyarakat ini menampilkan parade, defile pasukan, Defile Alutsista, dan acara panggung Prajurit dengan tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Acara dimulai dengan parade pasukan dari berbagai satuan TNI AD di bawah Kodam Iskandar Muda, TNI AL dan TNI AU, serta pasukan upacara dari Resimen Mahasiswa Aceh dan Pramuka Aceh, yang menampilkan kekompakan dan profesionalisme prajurit TNI dalam menjalankan tugas negara.

Para prajurit TNI menampilkan performa dan Alutsista sebagai simbol kekuatan pertahanan yang siap mengamankan kedaulatan Indonesia. Defile pasukan juga menjadi salah satu highlight dari acara ini, di mana ribuan pasukan dari berbagai matra TNI melangkah dengan gagah dan penuh semangat. Mereka memperlihatkan kemampuan dan kesiapan untuk melindungi bangsa dan negara.

Tidak ketinggalan, Defile Alutsista memamerkan kekuatan alat utama sistem persenjataan TNI yang modern dan canggih. Berbagai kendaraan tempur, pesawat terbang tanpa awak, dan Kapal Sea Rider, dan alat pertahanan udara, diperlihatkan dalam parade dan defile ini sebagai bentuk komitmen TNI untuk menjaga pertahanan negara.

Pada acara panggung Prajurit, diselenggarakan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang membanggakan. Prajurit TNI memperlihatkan bakat mereka dalam bidang seni dan musik. Semangat juang dan rasa patriotisme yang tinggi tercermin dari partisipasi aktif prajurit TNI dalam acara panggung Prajurit ini.

HUT TNI ke 78 tahun 2023 di Kodam Iskandar Muda ini merupakan momen yang membuktikan bahwa TNI tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara serta menjunjung tinggi demokrasi untuk mewujudkan Indonesia Maju.(*)