Beranda Headline Ratusan Buku dan Kitab untuk Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee

Ratusan Buku dan Kitab untuk Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee

Kasubbagdiapers Bagdalpers Kompol Dwi Arys Purwoki menyerahkan bantuan berupa ratusan buku dan kitab ke Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Rabu, 4 Oktober 2023.(Foto/Humas Polda Aceh).

Banda Aceh – Tim dari Biro Sumber Daya Manusia (Ro SDM) Polda Aceh kembali mendistribusikan bantuan berupa ratusan buku dan kitab ke Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee di Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Rabu, 4 Oktober 2023.

Pembagian buku kali ini, Karo SDM Polda Aceh Kombes Fajar Budiyanto diwakili Kasubbagdiapers Bagdalpers Kompol Dwi Arys Purwoki.

Kedatangan tim Ro SDM disambut langsung oleh pimpinan beserta dewan guru di dayah yang didirikan oleh Syekh Tgk Muhammad Hasan atau yang akrab disapa Abu Krueng Kalee tersebut.

Arys langsung menyerahkan secara simbolis sejumlah buku dan kitab kepada pihak dayah yang kemudian berlanjut dengan sesi foto bersama serta testimoni.

Pihak dayah sangat berterima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri), khususnya Polda Aceh, yang telah memberikan bantuan buku dan kitab tersebut.

“Kami keluarga besar Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolri dan Kapolda Aceh atas bantuan buku ini,” ucap Tgk Muakhir Zakaria.

Tgk Muakhir Zakaria mengaku sangat mendukung apa yang dilakukan Polri saat ini. Menurutnya, literasi ini merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan baca anak-anak ini.

“Jadi kami melihat bahwa buku yang dibagikan juga sangat beragam dan luar biasa, Insyaallah anak-anak ini semakin kuat dan tinggi minat bacanya, semoga kita semua mendapatkan pahala dari Allah SWT,” jelas Tgk Muakhir Zakaria, yang juga Sekretaris Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh salah seorang perwakilan santri setempat, Ebrizal Muhidi. Mewakili santri Dayah Darul Ihsan mengucapkan terima kasih banyak kepada Kapolri dan Kapolda Aceh yang telah melaksanakan program Polri Peduli Budaya Literasi di tempat mereka.

“Semoga bisa menambahkan daya minat dan motivasi bagi santri. Salam presisi!,” tegas dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto, secara terpisah menyampaikan, Polri Peduli Budaya Literasi merupakan program gagasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mendistribusikan buku atau kitab ke seluruh pelosok nusantara.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan mendukung perkembangan industri buku, khususnya di Aceh,” kata Joko.

Polda Aceh sendiri, lanjut mantan Kapolresta Banda Aceh itu, menargetkan pendistribusian sebanyak 22.000 eksemplar buku atau kitab di 160 lokasi di Aceh.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan langkah konkret yang diambil oleh Polri, dalam hal ini Polda Aceh untuk mencerdaskan anak bangsa,” pungkas Joko.(*)