Beranda Headline Pj Wali Kota Banda Aceh Buka Festival Lokal Belajar.id

Pj Wali Kota Banda Aceh Buka Festival Lokal Belajar.id

Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Amiruddin menghadiri pemembukaan Festival Lokal Belajar.id yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh di Aula Tekkomdik di kawasan Lampineung, Selasa, 26 September 2023.(Foto/Prokopim Setdako Banda Aceh).

*Dorong Aktivasi dan Pemanfaatan Akun Belajar.id bagi Pelajar

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Amiruddin membuka secara resmi Festival Lokal Belajar.id yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh di Aula Tekkomdik di kawasan Lampineung, Selasa, 26 September 2023.

Mengusung tema “Percepatan Tranformasi Digital melalui Pemanfaatan Akun Belajar.id untuk Mewujudkan Merdeka Belajar”, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan perwakilan guru, tenaga kependidikan, serta peserta didik tingkat PAUD/SD/SMP se-Banda Aceh.

Sementara di antara tamu undangan hadir Ketua DPRK Farid Nyak Umar beserta Ketua Komisi IV M Arifin, Kakankemenag Abrar Zym, Bunda PAUD Wardiati, dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Amiruddin mengatakan Festival Lokal Belajar.id merupakan suatu penghargaan dari Kemendikbudristek kepada Banda Aceh atas tingginya angka aktivasi dan pemanfaatan Akun Belajar.id selama ini.

Seperti diketahui, program Merdeka Belajar telah mengamanatkan fasilitasi pembelajaran dengan mempertimbangkan kodrat zaman peserta didik, “Seingga seluruh pemangku kepentingan di duni pendidikan harus memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran dan layanan pendidikan.”

Menurutnya, program ini sangat baik dilaksanakan dalam rangka memotivasi seluruh satuan pendidikan di Banda Aceh. “Sebagaimana kita ketahui bersama, jika tidak beradaptasi dengan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman, maka kita akan semakin tertinggal,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para guru dan seluruh tenaga kependidikan serta stakeholder terkait, atas kerja keras selama ini dalam memajukan pendidikan di Banda Aceh. “Pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama. Dan bapak/ibu guru sekalian menjadi bagian terdepan dalam memajukan pendidikan di kota kita tercinta.”

Sebelumnya Kadisdikbud Banda Aceh Sulaiman Bakri melaporkan bahwa Festival Lokal Belajar.id diinisiasi oleh kemendikbudristek untuk mendorong aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id yang dipersiapkan untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan.

“Alhamdulillah kota kita Banda Aceh dipercaya oleh dan ditunjuk oleh pusat untuk menjadi pilot project program ini bersama lima kabupaten/kota lainnya di Indonesia, yakni Cirebon, Ciamis, Gunung Emas, Dumai, dan Tuban,” ujarnya.

Adapun rangkaian acara Festival Lokal Belajar.id, di antaranya aktivasi akun belajar.id bagi warga sekolah, berbagi praktik penggunaan akun belajar.id dan cromebook, serta pameran pendidikan. “Mohon dukungan dari segenap stakeholder, karena support dari bapak/ibu semua akan menjadi salah satu penilaian pusat,” ujarnya.

Pembukaan Festival Lokal Belajar.id di Banda Aceh ditandai dengan penabuh Rapai oleh Pj Wali Kota Amiruddin beserta para tamu undangan. Sebelumnya, pj wali kota juga menyerahkan surat edaran perihal aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id kepada kadisdikbud untuk selanjutnya disampaikan kepada seluruh sekolah di Banda Aceh.

Sebagai informasi, akun pembelajaran dimaksud merupakan nama akun (user id) yang bertanda belajar.id dan kata sandi yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

Sejumlah aplikasi pembelajaran yang dapat diakses antara lain, Merdeka Belajar, Forum TanyaBOS, Chromebook, Classroom, Meet, Drive, SIMPKB, Docs, Sheets, Slides, dan Form.

Akun ini dapat digunakan oleh guru, siswa, dan kepala sekolah beserta operator sekolah dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, hingga Kesetaraan. (*)