Beranda Aceh Baitul Mal Aceh Salurkan Bantuan Sanitasi dan Penanggulangan Stunting di Aceh Jaya

Baitul Mal Aceh Salurkan Bantuan Sanitasi dan Penanggulangan Stunting di Aceh Jaya

50
0
BERBAGI

Teunom – Baitul Mal Aceh (BMA) meyalurkan bantuan untuk perbaikan sanitasi dan air bersih sekaligus bantuan penanggulangan stunting bagi keluarga miskin di Aceh Jaya. Penyaluran kedua program tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden yang diterima oleh Bupati Aceh Jaya, H.T Irfan TB di Kantor Camat Indra Jaya, Senin (23/8/2021).

“Program bantuan ini baru dilaksanakan selama dua tahun terakhir untuk beberapa kabupaten/kota. Program ini juga masih bersifat pilot project mengingat angka stunting dan kebiasaan buang hajat sembarangan masih tinggi di Aceh,” jelas Rahmad Raden.

Untuk program sanitasi, bantuan yang diberikan berupa jamban layak pakai bagi keluarga miskin yang tidak memiliki jamban. Program ini diharapkan masyarakat semakin sadar dalam menjaga kesehatan, baik kesehatan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jika lingkungan sehat, tentu kualitas kesehatan masyarakat pun semakin baik.

“Semoga bantuan dana untuk pembangunan jamban yang kami berikan akan memberi manfaat yang besar kepada masyarakat miskin, begitu pun bantuan pencegahan stunting,” tambah Rahmad.

Rahmad menjelaskan, ada pun sumber bantuan ini berasal dari dana zakat yang merupakan harta agama yang dititipkan oleh para muzakki melalui BMA. Harapannya, bantuan ini dapat memberikan keberkahan bukan hanya kepada muzaki, tetapi juga kepada mustahik, dan semua yang terlibat di dalamnya termasuk amil yang mengelola dana ini secara Amanah.

“Untuk program sanitasi dan air bersih per kepala keluarga memperoleh Rp7,5 juta untuk 48 penerima. Total anggaran sebesar Rp360 juta. Sedangkan program penanggulangan stunting Rp500 ribu per keluarga untuk 20 penerima selama dua tahun, totalnya sebesar Rp 120 juta,” sebut Rahmad.

Penyerahan bantuan simbolis tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat setempat, di antaranya Sekdakab Aceh Jaya, Mustafa, serta beberapa stake holder lainnya. Usai penyerahan secara simbolis, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pembangunan jamban di Gampong Cinamprung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Baitul Mal Aceh yang telah mengalokasikan program bantuan sanitasi dan pencegahan stunting ke kebupaten kami. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi masyarakat.” tutup H.T Irfan TB.[R]

BERBAGI