Beranda Aceh IIA Sambut Baik Raqan Penyelenggaraan Perpustakaan di Banda Aceh

IIA Sambut Baik Raqan Penyelenggaraan Perpustakaan di Banda Aceh

79
0
BERBAGI

Banda Aceh – Lembaga Islamic Institute of Aceh (IIA) menyambut baik regulasi terkait penyelenggaraan perpustakaa dan webinar Internasional yang mengusung tema Perpustakaan dan Pustakawan sebagai Pilar Literasi Informasi Daerah yang diinisiasi Komisi I DPRK Banda Aceh.

“Kita menyambut gembira, pemerintah melalui DPRK mengambil inisiatif melahirkan Qanun penyelenggaraan perpustakaan,” kata Syah Reza selaku Ketua IIA di Banda Aceh, Selasa (24/08/2021).

Menurut Syah Reza selama ini perpustakaan tampak sepi dari pengunjung, dari sisi internal, ini bisa disebabkan oleh dua hal, kurang representatif buku yang tersedia, atau minusnya perhatian pemerintah pada budaya literasi. Padahal kata dia perpustakaan menjadi tempat utama aktivitas keilmuan setelah Instansi pendidikan formal.

Dia berharap perhatian pemerintah tidak hanya mampu melahirkan qanun, tetapi juga mengambil peran utama menghidupkan budaya literasi ditengah masyarakat kota dengan agenda agenda strategis.

”Karena jika masyarakat sudah terbiasa membaca, otomatis kemajuan sebuah wilayah akan cepat terwujud,” ujarnya.

Syah Reza menambahkan sebagai komunitas yang fokus menghidupkan budaya ilmu, IIA mendukung setiap upaya pemerintah dalam program literasi dan tentu perlu melibatkan komunitas-komunitas literasi yang tumbuh ditengah kota banda Aceh secara mandiri seperti Ruman Aceh, perpustakaan pribadi yang dikelola secara individu, seperti Pustaka Ali Hasyimi, dan sebagainya.

”Kami menyambut baik dan mendukung penuh kehadiran regulasi atau qanun penyelenggaraan perpustakaan di Kota Banda Aceh dengan harapan kemudian dapat menarik minat para anak muda ke perpustakaan,” tuturnya.[R]