Beranda Ragam Mahasiswa Baru USK Ikut Pembinaan Akademik Pakarmaru

Mahasiswa Baru USK Ikut Pembinaan Akademik Pakarmaru

912
0
BERBAGI

Banda Aceh – Sekitar 6000 mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala dari berbagai jalur penerimaan masuk perguruan tinggi, mengikuti program pengenalan kampus atau Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru). Kegiatan secara daring ini telah dimulai sejak tanggal 9 – 11 Agustus 2021.

Kepala Biro Kemahasiswaan USK Dr. drh. Mustafa Sabri, M.P menjelaskan, Pakarmaru merupakan kegiatan akademik tahunan USK sebagai bentuk penyambutan mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan segala hal tentang kampus kepada mahasiswa baru tersebut.

Pakarmaru terbagi dua, yaitu Pakarmaru tingkat universitas dan fakultas. Kedua kegiatan ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru USK. Hal ini ditandai dengan pemberian sertifikat bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan kegiatan pembinaan akademik ini.

“Pakarmaru ini untuk pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Jadi dengan adanya bimbingan seperti ini, mahasiswa kita tidak kalang kabut dalam mengenal kampusnya,” Kata Mustafa, Selasa (10/09/2021).

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini terkait program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, wawasan kebangsaan, darurat narkoba, seputar lingkungan kampus dan lainnya. Sementara pematerinya adalah Rektor dan Wakil Rektor USK. Lalu dari pihak Kodam Iskandar Muda, BNN Aceh, Kejaksaan Tinggi dan lainnya. Khusus Polda Aceh, materi disampaikan langsung oleh Kapolda Aceh.

“Jadi lengkap, maka setelah mengikuti kegiatan Pakarmaru ini mahasiswa kita dapat mengenal banyak hal. Ini juga menjadi bekal penting untuk mereka nantinya,” ujar Mustafa.

Biasanya kegiatan Pakarmaru dilaksanakan secara tatap muka. Namun karena saat ini masih dalam kondisi wabah Covid-19, maka USK memutuskan pelaksanaanya secara daring. Meskipun demikian, Mustafa menyakini penyampaian materi pada kegiatan ini tetap efektif.

“Justru dengan daring materinya yang disampaikan lebih efektif, karena mahasiswa bisa fokus dan waktunya lebih terukur,” ujarnya.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru USK. Pada kesempatan itu, Rektor menjelaskan perkembangan USK sebagai kampus tertua di Aceh. Di mana saat ini kiprah USK semakin diperhitungkan baik dalam skala nasional maupun internasional.

Rektor mengungkapkan, tahun ini USK telah genap berusia 60 tahun. Dalam rentang usia itu ada banyak prestasi dan inovasi yang telah USK hasilkan. Semua itu telah menjadikan kampus ini sebagai mercusuar baru perguruan tinggi di tingkat nasional

“Maka bersyukur dan berbahagialah mahasiswa yang bisa menjadi bagian keluarga besar USK. Anda adalah salah satu dari puluhan ribu yang Allah beri kesempatan untuk membangun mimpi di USK. Gunakan kesempatan ini untuk belajar dengan baik, dengan giat. Bangun potensi dan kuatkan karakter,” ucap Rektor.

Selanjutnya, Rektor mengingatkan mahasiswa untuk terus mengembangkan kompetensinya. Mengingat saat ini dunia kerja semakin menantang. Hal tersebut menuntut seseorang tidak cukup hanya memiliki nilai tinggi tapi harus memiliki karakter kuat dan berpikir kreatif.

“Jadi di masa kuliah nanti, luangkanlah waktu untuk menggali potensi diri dengan mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan USK,” pesan Rektor. (R)

BERBAGI