Beranda Aceh 3.244 Penghuni Lapas dan Rutan di Aceh Telah menjalani Vaksinasi Covid-19

3.244 Penghuni Lapas dan Rutan di Aceh Telah menjalani Vaksinasi Covid-19

1084
0
BERBAGI

Banda Aceh – Sebanyak 3.244 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Aceh telah menjalani Vaksin Dosis Pertama.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Aceh, Heri Azhari mengatakan dari 8.700 warga binaan pemasyarakatan baik narapidana maupun tahanan baru 3.244 orang telah menjalani vaksinasi dosis pertama, Sementara sisanya akan dilaksanakan vakainasi secara bertahap.

Vaksinasi terhadap warga binaan pemasyarakatan itu, kata Heri Azhari, dilakukan oleh tim vaksinatornya dari pihak Dinas Kesehatan atau tim medis Puskesmas setempat, sementara pihaknya hanya menyerahkan data-data penghuni Lapas, selanjutnya pihak Dinas Kesehatan yang melakukan vaksin terhadap warga binaan.

Menurut Heri Azhari, vaksinasi terhadap warga binaan pemasyarakatan perlu dilakukan untuk menekan potensi penyebaran Covid 19 di Lapas maupun di Rutan sekaligus menciptakan Herd Immunity.

“Kegiatan vaksin bagi warga binaan merupakan program serbuan vaksin yang dicanangkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Heri Azhari menambahkan, Selama kegiatan Vaksinasi tersebut tidak ditemuka kendala yang berarti dan pada umumnya berjalan lancar meskipun pihaknya harus melalukan sinkronisasi data warga binanaan dengan Disdukcapil sebelum dilaksanakannya vaksin.

Selama pandemi Covid 19, kata Heri Azhari, pihak Lapas maupun Rutan belum mengizinkan layanan tatap muka bagi keluarga narapidana maupun tahanan.

Saat ini di Lapas maupun Rutan telah menyediakan layanan virtual atau online melalui video call kepada pihak keluarga yang ingin berkomunikasi dengan warga binaan.

“Lapas dan Rutan hanya membuka layanan secara online, untuk kunjungan tatap muka belum kita izinkan. Sementara untuk layanan pengiriman barang dan makanan dari pihak keluarga bisa dititipkan kepada petugas,” Pungkasnya. (*)

BERBAGI