Beranda Pemerintah New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, Biro Humpro Gencarkan BEREH Masjid di Lhoknga

New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, Biro Humpro Gencarkan BEREH Masjid di Lhoknga

45
0
BERBAGI

JANTHO – Biro Humas dan Protokol Setda Aceh menggelar gotong royong membersihkan Masjid Al Istiqamah di Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga, Selasa 13 April 2021.
Aksi gotong royong ini merupakan bagian dari program New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tahun 2021 yang mengusung tema Gerakan BEREH (Bersih Rapi Estetika dan Hijau) Masjid dan GESID (Gerakan Vaksinasi Covid 19).

Program ini menyasar 54 Masjid pada 23 Kabupaten dan Kota di seluruh Aceh. New Safari Ramadhan ini sengaja digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, agar terwujudnya kebersihan di lingkungan masjid.

Di Masjid Al Istiqamah, gotong royong dipimpin Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto. Sementara peserta gotong royong terdiri dari para kepala bagian, kepala sub bagian, hingga staf biasa di biro tersebut.
Gotong royong ini meliputi pembersihan areal pekarangan masjid, seperti menyapu halaman masjid, pembersihan toilet dan tempat wudhu, pengecatan toilet, hingga pengumpulan sampah.

“Ini bagian dari program BEREH yang sengaja menyasar lingkungan masjid, agar rumah Allah ini terlihat bersih dan rapi, demi meningkatkan kualitas dan kekhusyukan ibadah masyarakat di bulan Ramadhan,” ujar Iswanto.

Sementara terkait Gerakan Edukasi Vaksin Covid-19 (Gesid), kata Iswanto, akan disosialisasikan melalui ceramah yang digelar menjelang pelaksanaan tarawih.
Diharapkan, safari ramadhan tahun ini membuat masyarakat memahami pentingnya vaksinasi Covid-19, guna mengakhiri pandemi ini. Selain itu juga diharapkan masyarakat dapat mendukung vaksin dan patuh menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Demi suksesnya kegiatan tersebut, kata Iswanto, berbagai elemen penting yang bertanggung jawab di wilayah masjid yang akan dilaksanakan Safari Ramadhan oleh Pemerintah Aceh juga turut dilibatkan. Unsur tersebut antara lain meliputi Camat, Imam Masjid, Kepala Sekolah, Keuchik Gampong, Kepala Puskesmas SMA/SMK beserta guru dan penceramah.

Seperti di Masjid Al Istiqamah, program BEREH yang dilakukan tim Humas turut dibantu Kepala SMAN 1 Lhoknga, Eka Sari Dewi, dan sejumlah dewan guru. Selain itu Mukim, Sudirman, beserta sejumlah tuha peut dan perangkat mukim juga turut hadir di lokasi gotong royong.

Sementara itu, Imum Mukim Sudirman, menyampaikan terima kasih atas gotong royong yang dilakukan tim dari Biro Humas dan Protokol Setda Aceh. “Alhamdulillah program ini sangat membantu pihak masjid. Sangat membantu kami. Terima kasih,” ujar Sudirman singkat.[R]

BERBAGI