Beranda Ekonomi Sekda Aceh Besar Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Lambaro Jelang Ramadhan

Sekda Aceh Besar Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Lambaro Jelang Ramadhan

109
0
BERBAGI

Aceh Besar- Sekda Aceh Besar Sulaimi mengungkapkan bahwa harga sebagian kebutuhan pokok mengalami sedikit peningkatan dari biasanya, khususnya daging sapi dan ayam boiler.

” Harga daging hari ini naik sedikit dari biasanya, rata-rata Rp 150.000,” katanya.

Selain itu, harga ayam boiler juga meningkat sedikit. Namun harga bawang dan cabe masih standar. ” Alhamdulillah harga bumbu seperti bawang dan cabe masih standar,” ujar Sulaimi.

Sementara Plt Kadiskopukmdag Darmansyah ST MSi mengaku naiknya harga disebabkan oleh ketersediaan yang masih terbatas baik itu sapi maupun ayam boiler.

” Stok ketersediaan daging kita masih bangat terbatas, apalagi pada saat permintaan melonjak seperti saat ini,” terang Darman.

Ia mengatakan akan terus melakukan sinergi dengan lintas OPD terkait seperti Dinas Peternakan dan Pertanian untuk mendorong upaya-upaya peningkatan kebutuhan pokok.

Ketua ASPEDA (Asosiasi Pedagang Daging) Aceh Besar, Safwan saat melayani pembeli mengatakan bahwa harga daging berkisar antara 150 hingga 170. ” Kalau daging lokal bisa mencapai 200 ribu,” ungkap Safwan.

Ia mengatakan bahwa Aspeda sudah pernah meminta agar harga daging bisa ditekan cukup diangka Rp.140.000/Kg, namun karena permintaan tinggi dan stok daging sapi meugang tidak cukup dan harus disokong dari Medan,maka harga tidak bisa ditekan disitu (140).

“Jika tidak disokong sapi dari Medan maka masyarakat tidak akan sanggup beli, karena harga sapi Aceh sangat mahal Rp.200 ribu/kg dan stok sapi Aceh tidak cukup persediaan untuk meugang,” tegasnya.

Sudah menjadi tradisi setiap meugang jelang ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Aceh Besar dan sekitarnya menjadikan pasar induk Lambaro sebagai pusat perbelanjaan karena memiliki stok dan persediaan kebutuhan pokok yang lengkap.(R)

BERBAGI