Beranda Ragam Awali Tahun 2021, ASN Setda Aceh Sumbang 221 Kantong Darah

Awali Tahun 2021, ASN Setda Aceh Sumbang 221 Kantong Darah

54
0
BERBAGI

BANDA ACEH – Mengawali aksi donor darah rutin di tahun 2021, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekretariat Daerah Aceh berhasil mengumpulkan darah sebanyak 221 kantong. Antrian panjang di meja pendaftaran, menunjukkan tingginya antusiasme para ASN dalam mengikuti aksi sukarela yang berlangsung sejak kemarin (Senin, 18/1). Para abdi negara di Setda Aceh menjadi pembuka dari Aksi Donor darah ASN Pemerintah Aceh yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 lalu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, selama dua hari pelaksanaan donor darah yang berlangsung hingga, Selasa (19/01/2021) hari ini, sebanyak 221 kantong darah berhasil dikumpulkan ASN Setda Aceh.

“Kemarin, tim dari PMI Banda Aceh berhasil mengumpulkan sebanyak 176 kantong darah. Sedangkan hari ini bertambah lagi 45 kantong. Jadi, total darah yang terkumpul di Setda Aceh sebanyak 221 kantong. Semoga sumbangsih yang tak seberapa dari kami ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Iswanto.

Meski menyentuh angka 221 kantong, namun Iswanto mengungkapkan bahwa jumlah tersebut masih di bawah target awal.

“Target awal kita tentu lebih dari jumlah yang terkumpul saat ini. Namun, antusiasme saja tentu tidak cukup, karena para pendonor juga harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya pendonor harus benar-benar dalam kondisi fit, cukup HB, tidak sedang mengkonsumsi obat dan tidak begadang di malam sebelum hari berdonor. Nah, banyak di antara ASN yang berdonor tidak memenuhi syarat itu, makanya banyak tidak diizinkan berdonor oleh tim PMI,” ungkap Iswanto.

Meski demikian, mantan Kabag Humas Pemkab Aceh Besar itu mengapresiasi antusiasme seluruh ASN Setda Aceh, baik yang berhasil atau diperbolehkan berdonor maupun yang gagal berdonor.

“Apresiasi kami kepada seluruh ASN di Setda Aceh. Antriannya selalu panjang dan ramai. Ini menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi dari para ASN. Semoga ke depan kita semua semakin sehat, sehingga bisa kembali menyumbangkan darah agar saudara-saudara kita di luar sana yang sangat membutuhkan darah bisa sedikit terbantu,” kata Iswanto.

Sebagaimana diketahui, Aksi Donor Darah Rutin ASN Pemerintah Aceh, dicanangkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, pada Bulan Mei tahun 2020. Secara bergantian, setiap 2 bulan atau 60 hari, ASN di Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) mendapat jadwal berdonor darah. Menutup tahun 2020 lalu, ASN Pemerintah Aceh berhasil mengumpulkan sebanyak 6.556 kantong darah.

“Insya Allah aksi ini akan terus berlanjut dan menjadi budaya yang baik di lingkungan Pemerintah Aceh. Kami juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk ikut mendonorkan darah secara sukarela, agar kebutuhan darah PMI bisa selalu terpenuhi, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, kebutuhan darah masih cukup tinggi,” imbau Karo Humpro Setda Aceh itu.[R]

BERBAGI