Beranda Daerah Pj Bupati Muhammad Iswanto Sambut Kepulangan 342 Jamaah Haji Asal Aceh Besar 

Pj Bupati Muhammad Iswanto Sambut Kepulangan 342 Jamaah Haji Asal Aceh Besar 

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyambut kepulangan 342 jamaah haji asal Kabupaten Aceh Besar yang tergabung dalam kloter 1 Debarkasi Aceh, di Aula Jeddah Asrama Haji, Banda Aceh, Rabu (10/07/2024)

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyambut kepulangan 342 jamaah haji asal Kabupaten Aceh Besar yang tergabung dalam kloter 1 Debarkasi Aceh, di Aula Jeddah Asrama Haji, Banda Aceh, Rabu (10/07/2024) sore. Terasa spesial, karena Inilah kloter pembuka yang tiba kembali dari tanah suci, dari 12 kloter jamaah haji dari Aceh. Selain itu kloter Aceh Rayeuk ini juga terhitung paling kompak selama menjalankan ibadah di Tanah Suci dan juga paling lengkap kembali ke tanah air, tanpa ada yang tertinggal, baik karena faktor kesehatan atau meninggal dunia di Tanah Suci.

Kepulangan jamaah haji itu benar benar dielu-elukan oleh para keluarga yang menjemput. Ribuan orang tampak menumpuk di pintu gerbang sejak menjelang siang. Panitia terpaksa menutup pintu pagar, untuk memberikan rasa nyaman bagi jamaah yang baru menempuh perjalanan udara dari Tanah Suci.

Terdengar panggilan bersahutan dari keluarga, saat rombongan jamaah memasuki area pintu gerbang. Lambaian kerinduan tampak dari jamaah di dalam bus dengan para penjemput yang seperti tak sabar menemui keluarganya yang berhaji.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Iswanto menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, ia mengucapkan selamat datang kembali di tanah air kepada seluruh jamaah haji yang telah menyempurnakan rukun islam tersebut. “Semoga, semua jamaah mendapat predikat Haji dan Hajjah Mabrur dengan membawa kedamaian dan keberkahan bagi Aceh, wabil khusus Kabupaten Aceh Besar,” katanya.

Ia menyampaikan, semua kita patut bersyukur yang bahwa seluruh Jamaah Haji asal Kabupaten Aceh Besar kembali dalam keadaan utuh dan sehat walafiat tanpa kekurangan apapun. “Selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan sanak famili. Besar harapan kami, para jamaah dapat menjadi panutan dan contoh teladan yang baik bagi masyarakat sekitar, khususnya keluarga masing-masing. sehingga dapat memberikan warna untuk mewujudkan Aceh Besar sejahtera yang religius dan berkarakter,” sebutnya

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh yang diwakili Pj Sekda Aceh Azwardi Abdullah AP MSi menyampaikan selamat datang di tanah air. Ia mengajak pata jamaah untuk bersama-sama membangun Aceh bagi masa depan yang lebih baik. “Kami berharap dari jamaah haji, bisa membawa keteladanan dan spirit kebaikan bagi daerah,” ujarnya.

Sementara Kakankemenag Aceh Besar H Saifuddin menyebutkan, jamaah haji asal kabupaten Aceh Besar, umumnya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 dan 6. Namun demikian menurutnya, ada 4 jamaah cadangan yang tergabung dalam Kloter 5 dan 12. “Jadi, dari sebaran jamaah haji di 4 Kloter terdiri dari, 342 orang jamaah tergabung dalam Kloter 1. Selanjutnya, 2 orang di Kloter 5, 47 orang di Kloter 6 dan 2 orang lagi di Kloter 12,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, untuk seluruh jamaah haji asal Aceh Besar yang berangkat pada tahun ini sebanyak 393 orang jamaah. “Kita doakan seluruh jamaah kembali dalam keadaan sehat wal afiat,” pungkasnya.

Hadir dalam peyambutan antara lain Pj Bupati Aceh Besar, Kanwil Kemenag Aceh, Kadis Syariat Islam Aceh, Kakankemenag Aceh Besar, Kakankemenag Kota Sabang dan jajaran PPIH Aceh.

Sebagaimana diketahui pada musim haji tahun 2024 ini, Aceh mendapat quota sebanyak 4.710 jamaah dan petugas yang terbagi dalam 12 kloter. Tahun ini, sebanyak 11 jama’ah dan seorang petugas haji Aceh meninggal dunia di Tanah Suci Mekah.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan jamaah haji kloter 1 memberikan sumbangan sebesar 4.605 Rial dan Rp21.8 juta, yang dikumpulkan dari para jama’ah haji kloter 1, untuk pembangunan Masjid Al Mabrur yang berada di komplek Asrama Haji Aceh.(*)