Beranda Headline Tim Penilai Lomba Gampong Provinsi Aceh ke Bueng Sidom Aceh Besar

Tim Penilai Lomba Gampong Provinsi Aceh ke Bueng Sidom Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh T Aznal Zahri melihat hasil produksi UMKM Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh tahun 2024 di Gampong Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (11/06/2024). FOTO: MC ACEH BESAR

Kota Jantho – Tim penilai lomba gampong tingkat Provinsi Aceh tahun 2024, melakukan verifikasi lapangan ke Gampong Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar yang masuk nominasi lima besar lomba gampong se-Aceh, Selasa (11/06/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM didampingi Sekda Drs Sulaimi MSi, Pj Ketua TP PKK Cut Rezky Handayani serta Kepala OPD beserta Muspika Blang Bintang menyambut kedatangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh Dr. T. Aznal Zahri, S.STP, M.Si bersama tim penilai.

Aznal Zahri dalam sambutannya mengaku kagum atas sambutan masyarakat Bueng Sidom, sehingga dengan segala potensi yang dimiliki dianggap layak untuk dikunjungi serta diberikan penilaian. “Kami senang sekali, terima kasih atas sambutan ini, sehingga mulai hari ini gampong Bueng Sidom akan dilakukan verifikasi lapangan oleh tim penilai yang berasal dari berbagai unsur stakeholders di Aceh,” ujar Aznal, sambil memperkenalkan para tim penilai yang hadir.

Ia juga mengatakan, hadirnya tim penilai ini akan melihat secara langsung aspek pembangunan di Bueng Sidom, mulai pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, tingkat partisipasi masyarakat hingga potensi-potensi lainnya yang digarap untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Nanti mohon dipersiapkan semua yang dibutuhkan dan berikan apa yang diminta oleh tim penilai, baik profil gampong dan lain sebagainya,” pintanya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan Bueng Sidom sebagai sebuah gampong, telah melalui pembangunan yang signifikan dan dianggap sangat cepat berkembang. Hal itu tidak luput melalui pembinaan oleh Kabupaten dan pendampingan oleh kecamatan Blang Bintang secara berkelanjutan. “Sehingga, melalui proses pembinaan dan pendampingan tersebut secara berjenjang dan berkelanjutan, maka selain sudah mampu melaksanakan pemerintahan yang baik, juga telah mampu melahirkan inovasi dan terobosan baru,” ujar Iswanto.

Bueng Sidom juga pernah meraih prestasi sebagai gampong swakarya pada tahun 2022, serta mengalami peningkatan sebagai gampong swasembada pada tahun 2023, yang tentu diraih lewat kegigihan pemerintah gampong dalam proses pembinaan dan pendampingan tersebut.

“Maka dengan segala potensi yang ada dan dimiliki oleh Bueng Sidom ini, kami ucapkan selamat menilai, kepada tim penilai, semoga dapat memberikan nilai yang tebaik,” harapnya.

Sebelumnya, Keuchik Bueng Sidom drh Muhammad Yanis juga berharap para Tim Penilai supaya dapat betah berlama-lama di gampong yang telah 2,5 tahun dipimpinnya itu. “Inilah gampong kami, tempat kami mengabdi dan berinovasi, semoga betah berlama-lama di Bueng Sidom,” imbuh Yanis.

Beraneka ragam potensi Gampong Bueng Sidom dipamerkan pada lomba gampong tingkat Provinsi Aceh itu, ada dijajakan hasil produksi para pelaku UMKM, produk kerajinan hingga alat teknologi tepat guna.

Aparatur gampong juga menyajikan hidangan kecil berupa makanan pangan seperti pisang rebus, ketela rebus hingga kacang rebus disamping minuman segar bunga telang dan rujak manis. Selain itu, makanan khas Aceh Besar kuah beulangong dan kuliner khas Aceh yang disajikan dalam pune serta tempat khas Aceh Besar lainnya. Yang menjadi andalan sebagai hidangan makan siang bagi tamu yang hadir.(*)