Beranda Headline Ilyas Ramli CR Terpilih Sebagai Imuem Mukim Leupung Aceh Besar

Ilyas Ramli CR Terpilih Sebagai Imuem Mukim Leupung Aceh Besar

Ilyas Ramli CR memberikan sambutan usai terpilih sebagai Imuem Mukim Leupung Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar periode 2024-2029 di Gedung UDKP Kecamatan Leupung pada hari Selasa 21 Mei 2024. Foto/Dok Panitia.

Aceh Besar- Ilyas Ramli CR secara demokrasi terpilih menjadi Imuem Mukim Leupung Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar periode 2024-2029.

Acara Pemilihan Imuem Mukim Leupung yang selama ini penjabat sementara M Dahlan tersebut berlangsung di Gedung UDKP Kecamatan Leupung pada hari Selasa 21 Mei 2024.

Total Pemilih dari masing-masing Gampong adalah 60 Pemilih yang terdiri dari 6 Gampong mewakili unsur aparatur dan perwakilan perempuan. Unsur Muspika Kecamatan Leupung juga ikut dalam Pemilihan Imuem Mukim tersebut dengan jumlah 14 Pemilih.

Imuem Mukim terpilih Ilyas Ramli CR usai pemilihan mengatakan, bertekad membangun kembali komunikasi yang baik dengan berbagai pihak agar Kecamatan Leupung menjadi kawasan terbuka bagi para investor yang ingin berinvestasi pada bidang wisata, pertanian, perkebunan dan pemanfaatan sumber daya alam lainnya.

“Hal ini sangat penting agar terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Kecamatan Leupung,”ujar Ilyas Ramli yang juga ketua Tarung Derajat Kabupaten Aceh Besar itu.

Sejarah Mukim sudah ada sejak Kerajaan Aceh Darussalam pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. Jabatan Mukim, Uleebalang dan Panglima Sagoe merupakan posisi yang sangat strategis karena bersentuhan langsung dengan masyarakat Aceh Darussalam pada saat itu.

Undang-undang Pemerintahan Aceh No.3 tahun 2009 menguatkan kembali Lembaga Mukim di tengah masyarakat Aceh. (*)