Beranda Ekonomi Harga Emas di Banda Aceh Nyaris Tembus Rp4 Juta

Harga Emas di Banda Aceh Nyaris Tembus Rp4 Juta

Pemilik Toko emas Bina Nusa di kawasan Pasar Aceh Erwin Sedang melayani pembeli emas, Selasa (16/04/2024). Foto: Dok. Suara Aceh.

*Dipicu oleh Konflik Israel-Iran

Banda Aceh – Harga emas di Kota Banda Aceh nyaris tembus Rp4 juta pada Selasa (16/4/2024). Menurut para pedagang, ini merupakan kenaikan tertinggi yang pernah terjadi.

“Harga emas hari ini dekati Rp 4 juta, yaitu Rp 3.960.000 dan ada yang 4 juta, tergantung modelnya,” kata Erwin, pedagang toko emas Bina Nusa di kawasan Pasar Aceh, Banda Aceh, Selasa (16/4/2024).

Erwin menyebutkan, harga emas di Banda Aceh mengalami kenaikan sebesar Rp160 ribu jika dibandingkan dengan sebelum lebaran Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Hari ini harga emas paling tinggi yang pernah terjadi, naik Rp160 ribu dibandingkan sebelum lebaran,” ungkap Erwin.

Secara lebih rinci, Erwin mengungkapkan harga emas batantan lokal di toko Bina Nusa dijual senilai Rp1.207.000. Sementara dibeli Rp 1.196.000 atau selisih Rp 11 ribu.

Meski mengalami kenaikan, Erwin menyebut banyak warga memilih membeli emas untuk investasi dan pernikahan. Kenaikan jumlah pembeli sekitar 10 persen.

“Mungkin masyarakat banyak uang setelah lebaran, sehingga membeli emas untuk investasi,” tutur Erwin.

Dalam kesempatan itu, Erwin mengungkapkan kenaikan harga emas dipicu oleh peperangan antara Iran dengan Israel. Kondisi ini akan terus berlangsung jika konflik tak kunjung usai.

“Prediksi harga emas akan terus naik jika konflik tidak reda,” jelas Erwin.

Ia mengatakan bahwa membeli emas adalah investasi yang sangat aman dan menjanjikan. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat untuk tidak khawatir kehilangan nilai jual.

“Saat ini investasi paling aman cuma emas. Karena belum ada sejarah harga emas turun drastis, tapi kalau mata uang bisa jadi turun,” pungkasnya. [*]