Beranda Headline Si Jago Merah Mengamuk, 10 Unit Rumah Asrama Polisi Seulimeum Terbakar

Si Jago Merah Mengamuk, 10 Unit Rumah Asrama Polisi Seulimeum Terbakar

Musibah kebakaran terjadi di komplek asrama polisi (aspol) yang berlokasi di Gampong Peukan Seulimeum, Dusun Kampong Jawa, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Minggu (17/3/2023). (Foto/Dok BPBD Aceh Besar).

Aceh Besar – Musibah kebakaran terjadi di Komplek Asrama Polisi (Aspol) yang berlokasi di Gampong Peukan Seulimeum, Dusun Kampong Jawa, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Minggu (17/3/2023) sekitar pukul 10.10 Wib.

Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil S. Sos, M. Si melalui operator Pusdalops BPBD Aceh Besar M.Iqbal membenarkan tentang adanya musibah kebakaran tersebut. “Benar telah terjadi kebakaran di perumahan Komplek Aspol,”ujarnya.

M Iqbal mengatakan, dari 10 unit rumah dengan kontruksi semi permanen yang terbakar hanya 1 unit rumah yang berpenghuni, sementara 9 unit rumah lainnya dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Sementara rumah yang berpenghuni di huni oleh Sdr Aiptu Hendra Syahputra Hutabarat.

M. Iqbal menjelaskan, informasi kebakaran awalnya diperoleh petugas Damkar BPBD Aceh Besar Pos Seulimeum, setelah menerima informasi yang di sampaikan oleh salah seorang personil Polsek Kecamatan Seulimeum Bripka Bisri Fuadi, tentang adanya kejadian kebakaran perumahan Komplek Aspol.

Rumah yang merupakan bangunan lama dan berkontruksi semi permanen tersebut berada di 2 sisi yaitu sisi kanan dan sisi kiri jalan masing masing sisi berjumlah 5 unit rumah, sementara kebakaran terjadi dan api bermula dari sisi kanan jalan yaitu sisi rumah yang ada penghuninya.

Menurut keterangan Petugas Pemadam di lokasi kejadian pada saat kejadian kebakaran penghuni rumah An Aiptu Hendra Syahputra Hutabarat sedang tidak berada di rumah sehingga seluruh harta benda milik korban tidak ada yang berhasil di selamatkan termasuk 2 unit kendaraan Roda Dua milik korban juga ikut terbakar.

Kondisi panas dan terik serta kontruksi rumah dari kayu membuat api begitu cepat menjalar ke seluruh bagian rumah. Selain itu kendala lainnya menurut petugas ketika sedang terjadi kebakaran aliran PLN juga masih aktif, sehingga Petugas harus berkoordinasi dengan petugas PLN untuk dapat memutuskan sementara jaringan listrik agar proses pemadaman dapat dilakukan.

Masih menurut M. Iqbal, menyikapi kejadian tersebut, Damkar BPBD Aceh Besar dalam menyikapi kejadian kebakaran ini mengerahkan 6 unit armada pemadam kebakaran yang didatangkan dari Pos Seulimum, Pos Induk Sibreh dan Pos Jantho.
Serta didukung oleh 12 personil pemadam kebakaran.

“Setiba di lokasi kejadian api sudah sebahagian besar menjalar dan membakar perumahan Aspol tersebut dan setelah melakukan koordinasi dengan petugas PLN untuk memutuskan jaringan listrik
Petugas Pemadam pun langsung melakukan segala upaya untuk dapat memadamkan api.”pungkasnya.

Dalam penanganan kebakaran tersebut Damkar BPBD Aceh Besar juga turut di bantu oleh Koramil Seulimeum, Polsek Seulimeum, RAPI dan masyarakat sekitarnya.
Proses pemadaman dan pendinginan baru dapat berhasil dilakukan oleh petugas pada pukul 11.50 Wib.
Sementara Penyebab kejadian kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. (*)