Beranda Headline Hilal Belum Kelihatan di Tugu Nol Km Kota Sabang

Hilal Belum Kelihatan di Tugu Nol Km Kota Sabang

Pengamatan Hilal oleh Tim Kemenag sabang di Tugu Nol Km Sabang, Minggu (10/3/2024).(Foto/Kemenag Sabang).

Sabang – Kementerian Agama Kota Sabang melalui Seksi Bimbingan Masyaralat Islam melaksanakan Pengamatan Rukiyatul Hilal 1 Ramadhan 1445 H/2024 Masehi, di tugu Nol Kilometer Gampong Iboih Kota Sabang, Minggu (10/3/2024).

Berdasar hasil pengamatan tim yang diketuai Eriadi S.T itu, saat ini ketinggian hilal berada di 0,57 derajat, di atas ufuk. Dengan elongasi bulan dan matahari sekitar 1,56 derajat, Dan hilal tidak terlihat.

Menurut Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Sabang H. Murdani sebagaimana tupoksi Kementerian Agama melalui Bimas Islam pihaknya ambil bagian dalam pengamatan itu dan tugu Nol Kilometer merupakan salah satu titik lokasi pengamatan di Aceh.

Pihaknya dan masyarakat tetap menunggu pada hasil Keputusan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama.

“Karena hingga saat kita laksanakan pengamatan ketinggian hilal berada di 0,57 derajat, di atas ufuk. Dengan elongasi bulan dan matahari sekitar 1,56 derajat, Dan hilal tidak terlihat. Untuk itu kita menunggu hasil Keputusan sidang Isbat Kementerian Agama” ujarnya, Minggu (10/03/2024).

Kegiatan juga di iikuti oleh unsur MPU Sabang, Organisasi Kemasyarakatan Islam, Mahkamah Syariah, Dinas Syariat Islam, Serta unsur Ulama di Kota Sabang.

Hasil pemantauan rukyatul hilal itu selanjutnya akan dilaporkan ke Kementerian Agama (Kemenag). Penetapan awal Ramadhan 2024 menunggu sidang isbat yang akan digelar malam ini, Minggu (10/3/2024).(*)