Beranda Headline Kepala SMAN 1 Peureulak dan SMAN 1 Idi Rayeuk Sambut Kehadiran Admisi...

Kepala SMAN 1 Peureulak dan SMAN 1 Idi Rayeuk Sambut Kehadiran Admisi UIN Ar-Raniry

Admisi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan kunjungan dan disambut oleh masing-masing kepala sekolah dan dewan guru SMA Negeri 1 Peureulak dan SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh, Jumat (8/3/2024).(Foto/Dok SMA N 1 Peurelak ).

IDI – Admisi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan kunjungan dan disambut oleh masing-masing kepala sekolah dan dewan guru SMA Negeri 1 Peureulak dan SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur.

Kehadiran Admisi UIN Ar-Raniry ke SMA Negeri 1 Peureulak dan SMA Negeri 1 Idi Rayeuk itu dalam rangka Sosialisasi Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun akademik 2024/2025 pada Jum’at (8/3/2024).

Rombongan Admisi UIN Ar-Raniry tersebut terdiri dari, Siti Nur Zalikha MSi, Melly Masni SIP MIR, keduanya merupakan Dosen FISIP, kemudian ada Saiful Hadi ST sebagai Pengadministrasi Laboratorium Arsitektur Fakultas Sain dan Teknologi, Munawar Khalil MSi merupakan Staf Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry Banda Aceh serta Irhamna Staf Kepala Biro AUPK.

Tim Admisi UIN Ar-Raniry, Siti Nur Zalikha kepada media ini, Sabtu (9/3/2024) mengatakan, tujuan turun langsung ke beberapa sekolah di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, selain menyosialisasikan sistem penerimaan calon mahasiswa baru di UIN Ar-Raniry, juga sekaligus memperkenalkan kepada siswa di sekolah atau madrasah tentang berbagai program studi yang ada.

“UIN Ar-Raniry merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Aceh, setelah berubah dari institut menjadi universitas, masih banyak fakultas dan program studi baru yang belum familiar di tengah-tengah masyarakat” ujar Zalikha.

Ia menjelaskan kepada guru dan siswa, terdapat tiga jalur masuk UIN Ar-Raniry yaitu, jalur Kemdikbud melalui SNBP dan SNBT-UTBK, kemudian jalur PTKIN melalui SPAN dan UM-PTKIN, selanjutnya ada jalur PMB Lokal.

“Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru melalui ketiga jalur tersebut bisa diakses oleh kepala sekolah, guru, tendik dan siswa di laman website ar-raniry.ac.id/admisi” kata Zalikha.

Sementara itu, Melly Masni menambahkan, berbagai beasiswa yang tersedia bagi seluruh mahasiswa yang berhasil lulus melalui tiga alur tersebut.

“Setiap mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UIN Ar-Raniry memiliki peluang yang sama untuk memperoleh beasiswa dengan syarat-syarat yang telah ditentukan” imbuh alumni Australia ini.

Kepala SMA Negeri 1 Peureulak, Lukman MPd menyambut baik kehadiran tim Admisi UIN Ar-Raniry ke sekolahnya dan berharap agar para siswanya mengenal apa saja program studi yang ada di kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh itu.

“Saya berharap agar semakin banyak lagi siswa-siswi kami yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan menjadi duta-duta terbaik di Kampus UIN Ar-Raniry,” ucap Lukman.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Idi Rayeuk, Yusmiana SPd yang berterima atas kehadiran Admisi UIN Ar-Raniry ke sekolahnya.

“Peserta didik harus mengetahui lebih detail setiap fakultas dan memilih program studi sesuai dengan keinginan mereka, tentunya dengan sosialisasi seperti ini siswa dapat lebih mengetahui dengan jelas,” ungkap Yusmiana.

Rombongan dari Admisi UIN Ar-Raniry sehari sebelumnya juga telah turun langsung ke MAN 1 dan 2 Kota Langsa dalam rangka kegiatan yang sama.(*)