Beranda Headline Dewan Pers Harapkan Aceh Jadi Barometer Penguatan Bisnis Media

Dewan Pers Harapkan Aceh Jadi Barometer Penguatan Bisnis Media

Anggota Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro,menyampaikan sambutan pada acara Pendampingan Perusahaan Pers dan Peningkatan Kapasitan Media di Provinsi Aceh yang berlangsung di Banda Aceh, Selasa (27/2/2024).Foto: Sadhali/Suara Aceh.

Banda Aceh – Anggota Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro berharap Provinsi Aceh menjadi barometer penguatan bisnis media.

Hal tersebut disampaikan Atmaji Sapto pada acara Pendampingan Perusahaan Pers dan Peningkatan Kapasitan Media di Provinsi Aceh yang berlangsung di Banda Aceh, Selasa (27/2/2024).

“Saya berharap semoga Aceh menjadi barometer media bukan hanya pada kualitas jurnalistik, tetapi juga bisnisnya,” kata Atmaji Sapto.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers itu menyebutkan jumlah media yang terverifikasi saat ini sebanyak 1.820 media. Dari jumlah ini, 52 di antaranya adalah media siber (online).

“Posisi media kita hari ini yang sudah terverifikasi 1.820 media, memang tidak cepat perkembangannya, karena ada beberapa kendala dan kami sudah melakukan perbaikan,” kata Atmaji Sapto.

Dia juga menyampaikan, jumlah media di Indonesia saat ini terus bertambah, terutama media siber. Dia berharap perusahaan media yang baru lahir ini tetap mengedepankan aturan-aturan yang berlaku.

Menurut Atmaji Sapto, bertambahnya jumlah media merupakan sesuatu yang miris sekaligus tantangan. Tantangan dimaksud adalah bagaimana media-media tersebut terus hidup dengan persaingan yang ketat.

“Kedua bagaimana bisa sama-sama mendapatkan pendapatan sesuai role model bisnis, beberapa kali saya ke daerah sampai ada yang tanya bagaimana sekarang perusahaan kami, kami sudah verifikasi vaktual, tanggung jawab dewan pers bagaimana,” pungkasnya. [Sad]