Beranda Uncategorized Pj Bupati Aceh Barat Pimpin Upacara Peringatan Syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar

Pj Bupati Aceh Barat Pimpin Upacara Peringatan Syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar

Penjabat Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi memimpin Upacara Peringatan Syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan di komplek Makam Teuku Umar di Gampong Mugo, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Kamis (22/2/2024). Foto: Humas/Pemkab Aceh Barat.

MEULABOH – Penjabat Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi memimpin Upacara Peringatan Syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan di komplek Makam Teuku Umar di Gampong Mugo, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Kamis (22/2/2024).

Upacara itu diikuti jajaran Forkopimda, para kepala SKPK, camat, dan masyarakat di sekitar komplek makam Teuku Umar. Upacara itu berlangsung khitmat dan sarat dengan nuansa histori sosok Teuku Umar yang disegani lawan serta dicintai para pasukannya.

Pj Bupati Mahdi secara tegas mengingatkan akan pentingnya semangat perjuangan yang diwarisi oleh pahlawan nasional Teuku Umar. Ia menekankan nilai-nilai keberanian, keteguhan, dan semangat mempertahankan kebenaran yang terus menjadi inspirasi bagi generasi masa kini
“Tidak hanya dihadiri oleh pejabat dan aparat pemerintahan, upacara ini juga disaksikan oleh masyarakat luas yang datang untuk memberikan penghormatan kepada salah satu sosok pahlawan besar Indonesia, mereka ikut merenungkan perjuangan serta mengambil hikmah dari peristiwa bersejarah tersebut,” sebut Mahdi.

Mahdi berharap agar agenda peringatan ini dapat diperluas dengan dukungan dana dari Provinsi Aceh, bahkan menjadi agenda peringatan nasional yang lebih besar. Tak hanya itu, ia juga mengajak semua universitas di Aceh untuk turut serta dalam agenda tahunan ini. Semua itu karena status Teuku Umar sebagai Pahlawan Nasonal dari Aceh, yang mewarnai secara kental tentang heroisme Aceh dalam melawan penjajah Belamda.

Peringatan syahid teuku umar pada tahun ini sebut Mahdi, telah disusun dengan berbagai agenda, dimulai dengan suatu momen refleksi spiritual melalui Renungan Suci yang dihadiri oleh para ulama dan tokoh agama setempat. Momen ini menjadi waktu yang tepat bagi umat untuk merenungkan ajaran-ajaran Islam serta meneladani keberanian dan keteguhan iman yang ditunjukkan oleh sosok Teuku Umar Johan Pahlawan.

Selanjutnya, juga dilakukan napak tilas untuk mengenang jejak perjalanan hidup dan perjuangan Syahid Teuku Umar. Melalui kunjungan ke lokasi-lokasi bersejarah yang pernah dilalui, kegiatan ini di jadikan event yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat, pelajar hingga ASN.
Kemudia agenda terakhir merupakan upacara dan zIarah makam yang menjadi momen sakral di mana umat berziarah ke Makam Teuku Umar, untuk mengenang jasa-jasanya serta bagi agama, nusa dan bangsa. Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mengenalkan kembali sejarah kepada generasi muda agar mereka dapat menghargai dan mewarisi semangat perjuangan para pahlawan.

Lebih lanjut mahdi menjelaskan bahwa, Peringatan Haul Syahid Teuku Umar tahun ini mengingatkan akan pentingnya memelihara dan menghargai sejarah serta semangat perjuangan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu bangsa ini. “Semoga semangat kepahlawanan Syahid Teuku Umar terus menginspirasi kita dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara,” terangnya.

Mahdi kembali mengingatkan, peringatan ini bukan hanya sekadar mengenang jasa-jasa Teuku Umar Johan, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa. “Terimakasih atas partisipasi warga yang sangat pro aktif dalam peringatan ini hingga rangkaian acara berlangsung sukses. Semoga semangat nasionalisme dan patriotisme semakin menggelora di hari semua warga Aceh Barat,” tutup Mahdi. (*)