Beranda Headline Advokasi Wartawan Menjadi Salah Satu Isu Dibahas di Forum Konkernas PWI

Advokasi Wartawan Menjadi Salah Satu Isu Dibahas di Forum Konkernas PWI

Delegasi PWI Aceh di forum Konkernas PWI di Candi Bentar Ancol, Minggu, 18 Februari 2024. (Foto Abdul Hadi/PWI Aceh).

Jakarta – Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI yang digelar di Candi Bentar Ancol, Minggu, 18 Februari 2024 mencuatkan berbagai program sebagai tindaklanjut Kongres XXV di Bandung, 25-26 September 2023.

Konkernas PWI di Ancol berlangsung dalam rangkaian peringatan HPN 2024.

Melalui forum Konkernas disepakati beberapa program yang penting, misalnya disepakati membentuk Lembaga Konsultasi, Bantuan dan Penegakan Hukum (LKBPH) PWI berbadan hukum yayasan dan berjaringan di PWI seluruh Indonesia.

“Salah satu tujuannya adalah memberikan advokasi dan atau pendampingan kepada wartawan anggota PWI terkait sengketa pemberitaan pers, kepentingan organisasi PWI dan atau sengketa hubungan wartawan dengan perusahaan pers,” kata Kamsul Hasan, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan.

Untuk Bidang Luar Negeri, PWI juga menyepakati diagendakannya kunjungan ke mancanegara dalam Program PWI 2024-2028.

Antara lain kunjungan ke Rumania, Italia, Vatikan dan lain-lain. Juga ada kunjungan balasan ke Journalists Association of Korea (JAK) di Seoul.

“Program ini bertujuan memperkuat dan meningkatkan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan antara PWI dengan wartawan dan atau asosiasi wartawan di seluruh dunia. Sekaligus untuk meningkatkan kapasitas wartawan anggota PWI,” kata Ketua Bidang Luar Negeri PWI Ninuk Pambudy, yang pernah menjabat Pemred Kompas.

Dalam Konkernas PWI juga disepakati tuan rumah HPN tahun 2025, 2026 dan 2027.

Untuk HPN 2025 PWI Provinsi Riau dan PWI Kepulauan Riau bersepakat menjadi tuan rumah.

Namun peserta Konkernas berharap PWI Bali dan PWI Sulawesi Selatan juga mempersiapkan daerahnya untuk HPN 2025.

Ketua Bidang Organisasi H Zulmansyah Sekedang menegaskan dua provinsi yang berminat dan dua provinsi yang diamanahkan dalam Konkernas agar segera berkomunikasi dengan kepala daerah masing-masing dan pimpinan DPRD setempat untuk mendapatkan dukungan.

“Tahun 2025, HPN diselenggarakan di salah satu provinsi yang paling cepat PWI-nya mendapatkan dukungan dari Gubernur dan atau DPRD Provinsi masing-masing, yakni antara Riau, Kepulauan Riau, Bali dan Sulawesi Selatan,” jelas Zulmansyah.

Untuk 2026, PWI Aceh dan PWI Lampung bersaing sebagai tuan rumah HPN. Sedangkan di 2027, PWI Banten menjadi satu-satunya daerah yang menyatakan siap menjadi tuan rumah HPN.

Pengukuhan Pengurus

Sebelum Konkernas dibuka oleh Ketua Umum PWI Hendry Ch Bangun, terlebih dahulu dikukuhkan kepengurusan lengkap PWI Pusat periode 2023-2028 sebanyak 120 wartawan.

Komposisinya masing-masing sembilan wartawan duduk di Dewan Kehormatan (DK), 14 orang di Dewan Penasehat (DP) dan 97 wartawan di kepengurusan harian, komisi dan direktorat.[*]