Beranda Headline Pj Gubernur Aceh Lantik Sembilan Pejabat Eselon II di Lingkungan SKPA

Pj Gubernur Aceh Lantik Sembilan Pejabat Eselon II di Lingkungan SKPA

Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengukuhkan sembilan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Aceh, pada Selasa sore (2/1/2024) di Anjong Monmata, Banda Aceh. Foto: Humas/Aceh.

Banda Aceh – Setelah tertunda beberapa pekan, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengukuhkan sembilan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Aceh, pada Selasa sore (2/1/2024) di Anjong Monmata, Banda Aceh. Para pejabat yang dilantik sore ini merupakan wajah baru hasil rekomendasi Panitia Seleksi (Pansel) yang telah diuji melalui seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, beberapa waktu lalu.

Wajah baru yang dilantik dimaksud, yakni Mutia Juliana sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Aceh, Surya Rayendra dipercayakan sebagai Kepala Dinas Pangan Aceh, M Nasir menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, serta Munawar didapuk sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Lembaga Wali Nanggroe Aceh, Muslem sebagai Kepala Dinas Sosial Aceh, Zaini menjabat Kepala Biro Ekonomi di Sekretariat Daerah, Muhammad Junaidi dipercayakan sebagai Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah, serta Ira Maya sebagai Wakil Direktur Penunjang Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin.

Seusai prosesi pengambilan sumpah jabatan, Achmad Marzuki mengingatkan para pejabat yang baru dilantik untuk bekerja sesuai sumpah jabatan, demi menyukseskan berbagai program dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Pelantikan ini bukan sekedar seremonial. Sejak dimulai tadi, kita mendengarkan pembacaan Alquran, doa, lagu Indonesia Raya, Hymne Aceh, dan Pengambilan Sumpah Jabatan. Ini semua merupakan sarana pengingat bagi kita, agar bekerja dengan tekad yang sungguh-sungguh mendarmabaktikan diri kepada agama, bangsa, dan negara,” ujar Achmad Marzuki.

Dia berpesan, agar para pejabat melaksanakan tugas dengan disiplin. Sebagai aparatur, para pejabat bertanggung jawab membawa Aceh ke arah yang lebih baik serta menyejahterakan masyarakat. Sebab, semua upaya tersebut tak akan terwujud tanpa etos kerja, kedisiplinan, dan profesionalitas.

“Tanamkan di dalam diri bahwa semua kita akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. Mari bersama kita bergerak membangun Aceh agar semakin baik, semakin maju, semakin hebat, dan masyarakatnya semakin sejahtera,” pesan Ahmad Marzuki.

Kata dia, pelantikan ini telah melalui serangkaian proses yang dilakukan oleh Pansel dan sesuai perundang-undangan. Para pejabat yang dilantik sore ini merupakan orang-orang pilihan yang dianggap mampu melakukan tugas serta menghadirkan inovasi dan perubahan menuju ke arah yang semakin baik lagi, “Khususnya bagi instansi yang saudara pimpin.”

Meski demikian, Achmad Marzuki mengingatkan, jabatan yang diemban merupakan amanah masyarakat Aceh yang harus dilaksanakan dengan baik yang memiliki harapan mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik secara material maupun spiritual.

“Dalam menjalankan tugas, saudara harus inovatif, antisipatif, kreatif, solid, dan proaktif. Buat telaahan dan rumuskan formulasi kebijakan sebagai bahan pertimbangan pimpinan mengambil kebijakan. Saya yakin, berdasarkan pengalaman dan profesionalisme yang saudara miliki, semua tantangan akan dapat diselesaikan dengan sebaiknya,” ujar Ahmad Marzuki.

Dia menambahkan, keberhasilan kerja SKPA sangat ditentukan kinerja para pejabatnya. Karena itu, Achmad Marzuki mengintruksikan agar para pejabat membangun tim dan bekerja sama secara solid, sinergis, dan rasa tanggung jawab moral yang tinggi atas kepercayaan jabatan yang diberikan oleh pimpinan.

“Insya Allah, dengan upaya yang sungguh-sungguh, Ikhlas, dan bersabar atas segala kendala serta selalu bersyukur, maka kinerja yang baik dapat dicapai,” pungkas Achmad Marzuki. [*]