Beranda Headline TNI Polri dan Satpol PP, Apel Bersama dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu...

TNI Polri dan Satpol PP, Apel Bersama dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Polresta Banda Aceh

TNI Polri dan Satpol PP, Apel Bersama dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Polresta Banda Aceh. Foto: Humas/Polresta BNA.

Banda Aceh – Waasops Kasad Bidang Perencanaan Operasi Brigjen TNI Bangun Nawoko pimpin apel bersama Sinergitas TNI Polri dan Satpol PP di halaman Polresta Banda Aceh, Rabu (13/12/2023).

Apel bersama tersebut dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 dalam wilayah hukum Polresta Banda Aceh dan Kodim 0101/KBA.

Selain itu, Waasops Kasad Bidang Renops itu pun berkesempatan melakukan peninjauan terhadap Posko Terpadu Sinergitas TNI Polri di Mapolresta Banda Aceh.

Dalam arahannya, Brigjen Bangun Nawoko mengatakan, seperti dalam kegiatan tadi (pemeriksaan pasukan dan alutista-red), hari ini kita melaksanakan apel sinergitas kesiapsiagaan TNI Polri dalam rangka pengamanan pemilu 2024.

Sinergitas kerjasama antara TNI Polri dan Stakeholder lainnya di Banda Aceh dalam rangka tugas untuk pengamanan pemilu ini juga akan berjalan dengan baik, hal ini terlihat situasi di Banda Aceh sendiri pasca debat Calon Presiden dalam keadaan baik – baik saja, aman kondusif terkendali, bahkan tidak ada kejadian maupun konflik bahkan tidak ada masalah antara kita semua, ucap Bangun Nawoko.

“ Artinya, inilah awal yang baik untuk memulai tugas yang sanga mulia ini. Masyarakat diluar sana sangat mengharapkan kehadiran kita, peran aktif kita, untuk menyandarkan keamanan mereka, rasa damai mereka, dan rasa tentram mereka, dan tentunya yang menjaga mereka adalah kita, ucapnya lagi.

Rasa damai, tentram dan tertib itu dapat kita ciptakan dan ini harus ada kepercayaan terhadap kita dengan syarat disaat situasi kontestasi pemilu ini dengan cara TNI Polri harus netral, tambahnya.

TNI Polri tidak perlu ditanyakan lagi dan tidak perlu diragukan lagi karena kita melaksanakan tugas dan bertindak atas nama Undang – Undang dan tidak boleh berpihak kepada siapapun, sambungnya.

Bangun Nawoko mengharapkan, pada kegiatan apel sinergitas ini mari junjung tinggi netralitas kita, tidak ada gunanya kita berpihak pada siapapun, dan harus berpihak pada kondusifitas wilayah, ketentraman, ketertiban, kedamaian dan keamanan warga dalam wilayah tanggung jawab kita bersama.

“ Tugas pengamanan tidak dapat dilaksanakan oleh seorang diri, di dalam filosifi militer, tidak ada yang dapat dikerjakan oleh seorang diri. Artinya tugas untuk melaksanakan pengamanan pemilu 2024 ini harus dilaksanakan dengan bekerjasama. Maka syarat utama untuk dapat suksesnya pemilu harus bekerjasama antara kita, baik TNI dengan Polri maupun Satpol PP, ” tegasnya.

Dengan adanya komunikasi, koordinasi, saling pengertian, saling menghormati antara kita tentunya kerjasama tersebut akan suskses, dan tidak akan adanya gesekan antara TNI Polri serta Satpol PP. Sinergitas dan kerjasama dengan Pemerintah Kota, tadi setelah saya tanyakan kepada perwakilan dari setiap pleton, lancar dan baik sekali. Oleh karena itu tugas kita hari ini meyakinkan keamanan, kedamaian kepada masyarakat harus selalu ada di Bumi Serambi Mekkah ini, tutur Waasops.

Hadir dalam apel bersama Sinergitas TNI Polri dan Satpol PP antara lain, As Ops Kodam IM, Dandim 0101/KBA, Wakapolresta Banda Aceh, Pejabat Utama Kodim 0101/KBA, Pejabat Utama Polresta Banda Aceh serta Stakeholder perwakilan Pemerintah Kota Banda Aceh. (*)